oleh

Siapkan Penyusunan DPK dan DPTb

CURUP – KPU Kabupaten Rejang Lebong menggelar rapat koordinasi persiapan rekapitulasi penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK), dan Daftar Pemilih Tambahan atau pindahan (DPTb) Kamis (7/2).

Rapat dihadiri ratusan peserta baik dari bagian data PPS maupun bagian data PPK se-Kabupaten Rejang Lebong, tepatnya digelar di Gedung BPKM Kelurahan Cawang Baru, Kecamatan Curup Timur. Anggota KPU Divisi Program dan Data, Lusiana menjelaskan rapat koordinasi ini untuk menghimpun data-data yang ada di PS maupun PPK yang nantinya akan disampaikan pada tingkat Kabupaten.

“Kalau untuk DPTb ada sekitar 8, tapi kita akan kita rekap lagi karena rekap tersebut rekap di PPK, jadi kita akan melakukan rekap lagi ditingkat kabupaten tanggal 18 mendatang,” papar Lusiana.

Lusiana menjelaskan, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa berubah jika ada rekomendasi dari Bawaslu.

“Itu namanya perbaikan DPT, tapi kalau DPK dan DPTb bisa berubah. Kami akan membagikan spanduk yang bertuliskan lapor ke KPU paling lambat tanggal 17 terkait penelusuran DPK dan DPTb,” katanya.

Tujuannya, kata Lusiana, jika nanti ada warga Rejang Lebong yang mau pindah memilih atau warga luar yang mau memilih ke Rejang Lebong untuk melapor. Untuk sasaran DPK, merupakan warga yang belum terdaftar sama sekali namun memiliki KTP-El.

“Kalau DPTb itu pindah memilih, seperti kita akan menelusuri lembaga instansi vertikal, kejaksaan, pengadilan dan lainnya yang pegawainya satu stafnya penduduk luar yang akan memilih di Rejang Lebong,” paparnya.

“Ada sekitar 20 yang memilih pindah ke Rejang Lebong, tapi belum kita rekap terakhir tanggal 17 kita rekap kemungkinan terus bertambah,” jelasnya. (sam)

Rekomendasi Berita