oleh

Siapkan Batuan Ternak dan Pakan

CURUP– Sejumlah Kelompok Tani (Poktan) tersebar disejumlah kecamatan bakal dimanjakan. Pasalnya, tahun 2019 Poktan akan mendapatkan bantuan ternak beserta pakan ternak.

Plt Kepala Bidang Peternakan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, drh Firi Asdianto menyampaikan tahun 2019 mendatang, Poktan akan mendapatkan bantuan ternak berupa itik, ayam kampung dan ayam petelur.

“Tahun 2018 ini Poktan yang dapat bantuan cuma jenis itik dan ayam kampung saja, 2019 ditambah bantuannya dengan bantuan ayam petelur,” kata Firi.

Dijelaskan Firi, selain bantuan tiga jenis ternak, pemerintah juga akan memberikan fasilitasnya berupa bahan untuk pembuatan kandang hingga pakan sebanyak 1 ton.

“Totalnya sebanyak 3.500 ekor dengan rincian 1.500 ekor ayam kampung, 1.000 itik dan 1.000 ayam petelur, nanti sepaket dengan pembuatan bahan kandang dan pakan,” katanya.

Bantuan diberikan kepada sejumlah Poktan menyesuaikan dengan potensi yang dimiliki masing-masing lokasi.

Misal, dalam satu wilayah cocok untuk pengembangan jenis itik, namun tidak cocok untuk ayam kampung sehingga diberikan bantuan itik saja, begitu juga sebaliknya. Bantuan tersebut, selain bisa dimanfaatkan untuk dikembangkan juga bisa meningkatkan ekonomi warga.

“Nanti setelah bisa dikembangkan, hasilnya bisa dinikmati dan bisa menjadi konsumsi sendiri, sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomi warga,” harap Firi. (sam)

News Feed