oleh

Siapkan 162 Program Wujudkan Visi Misi

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara siapkan 162 program. Yang menjadi acuan kerja masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Program ini untuk mewujudkan visi misi Pemkab Muratara dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021.

Program-program tersebut disampaikannya pada akhir pelaksanaan kegiatan revisi RPJMD Tahun 2016-2021 oleh seluruh OPD. Diadakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muratara dihadiri perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bidang Perencana madya direktorat pengembangan wilayah Supriyadi, Hotel Burza, sejak Rabu (8/11) dan berakhir Jumat (10/11).

Kepala Bappeda Kabupaten Muratara, Erwin Syarif menyampaikan kegiatan revisi RPJMD ini terkait adanya Peraturan Pemerintah (PP) No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.86 Tahun 2017 tentang Penyusunan dan Tata Cara Dokumen Perencanaan.

“Sebenarnya RPJMD 2016-2021 sudah dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda),  Namun dengan adanya PP dan Permendagri tersebut, sehingga diharuskan merevisi lantaran adanya perubahan atau penambahan OPD baru,” jelas Erwin Syarif yang menutup kegiatan tersebut.

Erwin Syarif menyampaikan terima kasih kepada seluruh Kepala OPD telah mengirimkan perwakilannya. Guna mengikuti kegiatan tersebut. Namun ada juga beberapa OPD belum menyampaikan data hingga diharapkan segera menyampaikannya.

Menurut dia, dari visi Pemkab Muratara yakni Mewujudkan Kabupaten Muratara yang Makmur Aman Cerdas dan dengan delapan misi berupa mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan murah, mewujudkan optimalisasi pemanfaatan lahan terlantar, mewujudkan infrastruktur dasar yang berkualitas dan merata,  mewujudkan hilirisasi komoditi unggulan, mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang berkualitas, mewujudkan Kabupaten Muratara bebas narkoba, dan mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, santun dan mandiri.

Dari setiap misi tersebut, memiliki programnya masing-masing yang akan dipakai lima tahun. Di mana akan menjadi pedoman lima tahun kedepan di mana disusun dengan berpedoman pada RPJP daerah dan memperhatikan RPJM nasional.

“Dari delapan misi ini, ada dua misi yang lebih difokuskan untuk mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Muratara, yakni misi kedua yakni mengoptimalisasi pemanfaatan lahan terlantar dan misi keempat berupa hilirisasi komoditi unggulan,” sebutnya.

Sementara itu, perwakilan Bappenas, bidang Perencana madya direktorat pengembangan wilayah, Supriyadi mengungkapkan selam pelaksanaan revisi ini semua misi dibahas untuk menjawab dan menyukseskan visi Pemerintah Kabupaten Muratara.

“Semua misi kita beda dan mencari mana yang difokuskan untuk mewujudkan visi Bupati dan Wakil Bupati Muratara,” imbuhnya.

Ia meneruskan menurunnya di seluruh daerah di Provinsi Sumatera Selatan, hanya Kabupaten Muratara yang jelas. Khususnya tiga misi yang menjadi fokus pemerintah yakni misi ke dua, keempat dan yang keenam. Yang menjadi ciri khas yang tidak ada di daerah lainnya.

“Untuk komoditas yang menjadi unggulan, nantinya ditingkatkan daya saingnya dan bagaimana cara meningkatkan daya saingnya, begitu juga ternak,” Sebutnya.

Terkait revisi ini, dirinya menegaskan  sesuai aturan baru sehingga mengharuskan mengubah.

Sementara untuk OPD yang belum seluruhnya menyampaikan data maupun programnya, diharapkan untuk segera menyampaikan.

“Ada beberapa OPD yang sampai sekarang program belum tersusun, diharapkan segera menyampaikan, sebelum ini ditetapkan menjadi Perda,” imbuhnya. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita