oleh

Siapa Surian Sofyan, yang Dipilih HM Syarif Hidayat Sebagai Pendamping di Pilkada Muratara

LINGGAUPOS.CO.ID – Bakal Calon Wakil Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) Surian Sofyan yang mendampingi HM Syarif Hidayat dalam pilkada Muratara, tentu belum begitu banyak yang tau.

Dikutip dari www.syarifsuryan.my.id, ternyata ia sudah berkiprah cukup lama di dunia usaha. Pahit getir dalam bisnis ia jalani sampai menjadi pengusaha sukses di Jakarta.

Surian Sofyan lahir di Desa Belani, Kecamatan Rawas Ilir pada 17 April 1960.  Ia menamatkan pendidikan formal di Sekolah Dasar Negeri Belani tahun 1973. Kemudian Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sumsel Jaya Palembang tamat 1976. Setelah itu, melanjutkan ke STM IBA Palembang tamat 1980.

Setelah selesai sekolah, Surian bekerja di PT Bagus Utama Karya Palembang. Setelah setahun bekerja, ia merantau ke Jakarta dan bekerja di Hotel Borobudur (1982).

Tahun 1986 menikah dengan Fifi Catur Sofiani asal Bogor. Dari pernikahannya itu dikaruniai empat orang anak yaitu: Sendi Selly Sofiani, Syah Rendi, Safira Windi Kartini, dan Syahnia Rahma Desmiara.

Mulai Usaha Dagang

Pada tahun 1983, Surian memulai usaha dagang dengan mendirikan PD Rian yang bergerak di bidang distributor air mineral kemasan dengan berbagai merek.

Pada tahun 1995, mendirikan usaha konvensi di Rawah Mangun yang memproduksi kaos bola. Usahanya melejit dan berkembang bukan hanya untuk kebutuhan dalam negeri. Akan tetapi melakukan ekspor ke Nigeria, Prancis, Brazil, hingga Singapura.

Pada tahun 1998, usahanya terdampak krisis moneter yang terjadi di Indonesia kala itu. Namun, ia tak pernah menyerah. Pada tahun 2001, Surian kembali mendirikan usaha sebagai distributor ayam broiler dan ayam pejantan untuk wilayah Jakarta. Usaha tersebut terus berkembang hingga saat ini mencapai 25 ton per hari.

Selain itu, ia juga memiliki usah kos-kosan di Jakarta dimulai tahun 2008 hingga saat ini mencapai 200 pintu. Ia juga memiliki beberapa vila di Bogor dan usaha jual beli lahan untuk properti di Jakarta.

Terpanggil Membangun Muratara

Sebagai seorang pengusaha yang sudah banyak memakan asam dan garam kehidupan, akhirnya terpanggil untuk membangun daerahnya dengan mencalonkan diri sebagai calon wakil Bupati Muratara yang berpasangan dengan HM Syarif Hidayat.

Ia menegaskan, ia memulai usaha dari bawah dan sering berinteraksi dengan masyarakat kecil di Jakarta. Ia pun sangat memahami pahit getirnya kehidupan di ibukota.

“Saya lahir dari kaki lima, berinteraksi dengan orang-orang kecil, saya tahu betul keinginan rakyat kecil,” katanya.

Menurut Surian, ia memiliki empati dan tidak memandang rendah masyarakat merupakan modal utamanya menjadi seorang pemimpin.

Makanya, jika ia Bersama Syarif Hidayat terpilih tentu kebijakan yang dibuat berpihak kepada semua lapisan masyarakat, terutama orang-orang kecil.

Terjun Langsung Menemui Masyarakat

Sejak resmi menjadi bakal calon wakil Bupati, Surian pun terus melakukan sosialisasi mengenalkan diri kepada masyarakat. Bahkan, orang yang pernah berjasa dalam hidupnya, ia temui untuk meminta doa restu seperti kepada gurunya yang sudah memberikan ilmu.

Ia juga tak pernah henti menemui berbagai tokoh masyarakat yang ada di Muratara. Bahkan, di halaman media sosial Facebook, selama kegiatannya bertemu dengan masyarakat, sambutan mereka sangat antusias. (*)

Sumber: www.syarifsuryan.my.id

Rekomendasi Berita