oleh

Siap Siaga Hadapi Bencana Alam

MURATARA – Meminimalisir terjadinya kembali korban jiwa dalam bencana alam yang terjadi, Pemerintah Desa Noman Lama Kecamatan Rupit melakukan sosialisasi dan pelatihan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam, Kamis (20/12).

Kepala Desa (Kades) Noman Lama, Taufik Haris menyampaikan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana alam.

“Sekarang musim penghujan banyak hal-hal tidak terduga, diharapkan dengan sosialisasi dan kegiatan pelatihan ini. Masyarakat Desa Noman Lama kedepannya harapnya, memiliki kemampuan dalam mengevakuasi keluarga yang rentan, seperti anak-anak dan orang tua yang tidak mampu menghadapi ancaman bencana” ucap Taufik.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Muratara, Firdaus mengatakan tingkat kesiapsiagaan bencana di sejumlah wilayah di Kabupaten Muratara berbeda-beda. Di beberapa wilayah di Muratara kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana sudah bagus.

Misalnya warga yang membuat rumah dengan tiang yang tinggi agar tidak terkena banjir.

“Walau demikian kita masih tetap melaksanakan sosialisasi. Agar masyarakat yang lain juga paham dalam menghadapi bencana alam lainnya seperti longsor gempa bumi angin topan dan lainnya,” jelasnya.

Ditambahkannya latihan kesiapsiagaan bencana ini mesti dilakukan rutin, agar masyarakat sadar pentingnya perilaku dan budaya untuk siaga dari musibah.

Firdaus mencontohkan Jepang yang dikenal sebagai negara paling siap siaga menghadapi bencana, karena rutin melakukan latihan dan simulasi penanganan bencana alam.(cw3)

Rekomendasi Berita