oleh

Siap Dirikan BUMDes Bersama Sukakarya Sempurna

LINGGAU POS ONLINE, SUKAKARYA – Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas (Mura) siap mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama. Ada delapan desa dalam wilayah Sukakarya menjadi pemilik BUMDes diberi nama Sukakarya Sempurna.

Camat Sukakarya, Muhammad Setiawan menjelaskan bahwa Peraturan Desa (Perdes) untuk mendirikan BUMDes sudah rampung.

“Modal pertama Rp 50 juta per desa. Camat Sukakarya dan 8 Kades yang ada di Sukakarya komisaris. Ini BUMDes pertama di Musi Rawas,” katanya kepada Linggau Pos di kantornya, Senin (21/5).

Menurutnya, dengan adanya BUMDes bersama bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Saat ini ada tiga jenis usaha yang akan dikelola BUMDes Sukakarya Sempurna yakni pengelolaan tambak udang, pabrik mini gula merah tebu, penjualan token Jaringan Gas (Jargas) pemilik, perawatan dan pemasangan instalasi Jargas.

“Tiga usaha yang akan kita kelola yakni tambak udang di Danau Gegas, pabrik mini gula merah dan kerjasama dengan PT Pertamina untuk penjualan token Jargas, artinya kalau agen-agen token Jargas membeli ke BUMDes. Selain itu kita akan mengajukan ke Pertamina, agar perawatan dan pemasangan instalasi baru dikelola BUMDes,” jelasnya.

Menurutnya, Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengelola tambak udang akan diberikan pelatihan di Jawa Barat.

“Kita rekrut pemuda dan pemudi yang belum berkeluarga untuk mengikuti pelatihan tambak udang di Jawa Barat,” jelasnya.

Ditambahkannya bahan baku untuk membuat gula merah tebu melimpah ruah dari gerakan perempuan menanam. Hampir setiap desa ada kebun tebu dari gerakan menanam tebu yang telah dicanangkan Bupati Mura, H Hendra Gunawan tahun lalu.

“Jargas akan segera beroperasi dalam tahun ini karena setelah hari raya Idul Fitri 1439 H akan segera dipasang instalasi. Pemasangan instalasi ke rumah warga untuk pertama ini gratis, masyarakat tinggal menyediakan kompor gas dan membayar bulanan dengan sistem token. Total instalasi Jargas yang akan dipasang di Sukakarya 4.392 kepala keluarga (KK),” ucapnya. (05)

Rekomendasi Berita