oleh

Siagakan Desa Tanggung Bencana

Program BPBD Empat Lawang 2018

Guna memininalisir terjadinya bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang mengusulkan Desa Tanggung Bencana khusus di desa rawan bencana.

Laporan Kayan Menggala, Empat Lawang

“Kami sudah mengusulkan Desa Tanggung Bencana ke BNPB Pusat, dan tinggal menunggu hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) nanti,” ujar Kepala BPBD Empat Lawang, Taufik saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/1).

Selain mengusulkan Desa Tanggung Bencana. Pihaknya juga mengusulkan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdaop).

“Nanti kami akan meminta bantuan berupa alat-alat komunikasi yang dibutuhkan ketika terjadi bencana seperti Handy Talky/Walkie talkie dan lainnya,” jelas Taufik.

Di Desa Tanggung Bencana ini, dijelaskan Taufik, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan simulasi ketika ada bencana yang terjadi di desa tertentu.

Lebih dijelaskan Taufik, ada tiga tahapan bencana yakni pra bencana, seperti simulasi tata ruang supaya tidak terjadi banjir. Kemudian tanggap darurat seperti pencarian korban, evakuasi, logistik. Tanggap darurat ini biasanya sampai ada batas waktu yang ditetapkan.

Dan terakhir pasca bencana, seperti rekon, perbaikan infrastruktur yang rusak, memberikan pelayanan kesehatan dan psikiater kepada korban yang terkena musibah.

“Ya, yang termasuk bencana seperti Gunung api, kekeringan, angin puting beliung, tsunami, gempa bumi, longsor dan masih banyak lagi,” tuturnya.(*)

Rekomendasi Berita