oleh

Siaga Atasi Gejolak Harga

Siapkan 15 Ton Cadangan Pangan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang memiliki 15 ton cadangan pangan. Hal ini disiagakan untuk mengatasi gejolak harga pangan dan sebagai persiapan jika terjadinya musibah bencana alam awal tahun ini.

Laporan Kayan Manggala, Empat Lawang

KEPALA Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Empat lawang, Marwan Effendi melalui Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan, Purwanto mengatakan, jumlah 15 ton cadangan pangan tersebut melalui APBD Empat lawang, akan dititipkan di Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) dan bisa dipergunakan sewaktu-waktu saat diperlukan.

“Jadi, saat terjadi bencana alam di wilayah Kabupaten Empat Lawang misalnya, kita tinggal ambil saja, karena memang cadangan pangan salah satunya dipergunakan untuk itu,” ungkap Purwanto, Rabu (6/2).

Mekanisme saat penyaluran ke kawasan bencana sebut Purwanto, tentu saja pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang dan Dinas Sosial.

“Iya, koordinasi akan kita jalankan bersama BPBD dan Dinsos. Tentu saja cadangan pangan ini akan dikeluarkan jika benar-benar sesuai, kalau bencana yang kecil cukup dengan bantuan tanggap darurat,” jelasnya.

Dalam waktu dekat sebut dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Perum Bulog Sub Divisi Regional Lahat, terkait rencana penyimpanan cadangan pangan Kabupaten Empat Lawang.

“Akan kita tanyakan ke pihak Bulog, rencana kita akan menyimpan cadangan pangan 15 ton dari Empat Lawang,” jelasnya.(*)

Rekomendasi Berita