oleh

Sheffield 1-2 Arsenal: Akhiri Pekan Terburuk

LINGGAUPOS.CO.ID- Jika bicara bahwa semangat perlu momentum, mungkin Arsenal bisa menjadi contoh. Ya, momentum pertarungan di Piala FA menjadi cara Arsenal membuang rentetan hasil buruk di Liga Premier, beberapa pekan belakangan. Hasil dua kali kalah dan satu kemenangan membuat pasukan Mikel Arteta terpuruk di posisi ke-9 klasemen sementara. Namun dalam perkara merebut piala FA, Aubameyang dkk punya keberuntungan tersendiri. Buktinya, laga perempat final melawan Sheffield United kemarin mereka sukses merebut poin penuh.

Gudang meriam London menang 2-1 berkat gol penalti Nicolas Pepe dan gol Daniel Ceballos di Bramall Lane, Kandang Sheffield United. Usai momen penghormatan untuk petugas medis dan korban Covid-19 di awal pertandingan, laga mulai terlihat sengit. Sheffield yang tampil ngotot mengandalkan lima gelandang untuk mengawal lini tengahnya.

Pada menit ke-8, kemelut terjadi di gawang Arsenal. Gelandang Sheffield, John Lundstram sukses merobek pertahanan kiper Emiliano Martinez. Sayangnya gol tersebut dianulir wasit karena offside. Di tengah membangun kekuatan seranganya, The Blades- julukan Sheffield- malah kecolongan.

Pada menit ke-24, the Gunners mendapat hadiah penalti. Nicolas Pepe yang menjadi anak emas Mikel Arteta didapuk menjadi algojo. Dengan mudah, winger kanan asal Pantai Gading itu menjebol gawang kiper muda berbakat, Dean Henderson, lewat tembakan mendatar ke sisi kiri penjaga gawang. Ini merupakan koleksi gol ke delapannya musim ini. Unggul 1-0, anak asuh Mikel Arteta tak mengendurkan serangan.

Pertarungan makin sengit dengan aksi bodi yang mengakibatkan satu pemain Sheffield dibopong ke luar lapangan. Pada menit ke-35, John Lundstram harus ditarik keluar setelah memegangi bahunya karena bertabrakan dengan Willock. Serge pun masuk mengisi posisinya.

Selang dua menit, striker McBurnie bertabrakan dengan sangat keras dengan Joseph Willock, dan tim medis bergegas memberikan pertolongan. Beruntung, keduanya masih bisa melanjutkan permainan. Pada menit ke-43, aksi ciamik Pepe mulai merepotkan barisan jantung pertahanan Sheffield. Sayangnya, sepakan jarak dekat winger bernomor punggung 19 itu melebar dari jala Henderson. Hingga turun minum, skor tidak berubah.

Pada menit ke 54, David Luiz ditarik keluar setelah berjalan sedikit pincang. Mikel Arteta pun memasukkan Holding menggantikan posisi bek asal Brasil tersebut. Hanya selang 10 menit, Arsenal kembali merotasi pemainnya. Joseph Willock yang sudah dua kali berbenturan dengan pemain tuan rumah harus digantikan dengan Dennis Ceballos.

Kebuntuan tuan rumah akhirnya pecah di menit 87, bermula dari tendangan jauh dari Chris Robinson ke kotak terlarang gagal diantsipasi bek Arsenal Sead Kolasinac dan mendarat mulus ke kaki Striker Sheffield David McGoldrick. Tendangan voli dari jarak lima meter oleh McGoldrick tak mampu diantisipasi oleh kiper Arsenal. Skor pun imbang 1-1.

Beruntung bagi Arsenal memiliki pemain pengganti seperti Dani Ceballos. Lewat serangan balik Ceballos kembali membawa Arsenal unggul sekaligus memberikan kemenangan 2-1 untuk lolos ke semifinal Piala FA. (fin/tgr)

SHEFFIELD 1-2 ARSENAL

(McGoldrick, 87′- Pepe 24′, Ceballos 90′)

Susunan Pemain :

Sheffield (3-5-2) : Henderson; Basham, Egan, Robinson; Baldock, Lundstram, Fleck, Stevens; McBurnie, McGoldrick.

Arsenal (3-4-3) : Martinez; Mustafi, Luiz, Kolasinac; Maitland-Niles, Xhaka, Willock, Tierney; Pepe, Lacazette, Saka

Rekomendasi Berita