oleh

Setiap Tahun Pencaker Meningkat

MUSI RAWAS – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Musi Rawas (Mura), mencatat Pencari Kerja (Pencaker) di Kabupaten Mura setiap tahun mengalami peningkatan. Terbukti pada 2018 terdapat 1.250 Pencaker. Sedangkan 2016, terdapat 851 orang Pencaker dan 2017 terdapat 1.166 Pencaker.

Kepala Plt Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Mura, Yapan Slamat melalui Kasi Penta Kerja, Herwanto mengatakan, angka Pencaker ini memang setiap tahunnya diprediksi terus bertambah.

Penambahan ini seiring dengan beberapa kampus yang melakukan wisuda di setiap tahunnya. Angka Pencaker yang terdaftar ini relatif, artinya tidak banyak dan tidak juga sedikit jika dibandingkan dengan tamatan atau lulusan perguruan tinggi dalam setahun.

Bayangkan saja lulusan sarjana saja setahun ada puluhan ribu orang, otomatis Pencaker setiap tahunnya bertambah. Untuk itu, saat ini banyaknya perusahaan baru, baik di Mura, Lubuklinggau, Muratara maupun luar di Kota sangat membantu dalam penyerapan tenaga kerja.

Peningkatan Pencaker ini kebanyakan yang ingin melamar di perusahaan baru, seperti di Lippo, Rumah Sakit AR Bunda, PT Sawit yang ada di Mura dan merantau ke pulau Jawa.

“Dalam sehari, penduduk yang datang ke kantor Disnaker ingin membuat AK1 (kartu kuning) mencapai lima hingga sepuluh orang. Dan yang tertinggi adalah Kecamatan Muara Beliti,” kata Iwan sapaannya.

Serli (25) warga Kecamatan BTS Ulu saat mengurus AK1 saat dibincangi mengatakan, ia sengaja datang jauh dari desanya untuk mengurus AK1. Karena untuk melamar pekerjaan, saat ini harus ada AK1.

“Tentunya senang kini mengurus AK1 tidak perlu menunggu lama, terlebih pembuatannya tidak dipungut biaya sepeser pun,” kata wanita berhijab ini. (dlt)

Rekomendasi Berita