oleh

Setiap Kecamatan Miliki Kampung KB

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Sebagai daerah berstatus masih tertinggal, Pemkab Musi Rawas terus melakukan pembenahan. Salah satunya dibidang pergerakan potensi masyarakat.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kabupaten Musi Rawas, Jemain melalui bidang KB, Irwansyah menjelaskan salah satu upaya membantu menyejahterakan masyarakat di tingkat desa, maka pengoptimalan kampung KB sangat dibutuhkan.

“Memang sebelumnya Musi Rawas sudah memiliki kampung KB di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Muara Kelingi. Tapi tahun 2017 kita sudah menambah lagi Kampung KB di semua kecamatan di Kabupaten Musi Rawas,” kata Irwansyah kepada Linggau Pos, Senin (20/11).

Bahkan, menurut Irwansyah, sudah hampir dikatakan selesai menargetkan seluruh kecamatan memiliki kampung KB.

“Kalau kalau sebelumnya hanya di desa pulau Panggung Kecamatan Muara Kelingi kali ini sebanyak kurang lebih lima belas Kecamatan sudah selesai dan sudah di tanda tangani Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan pada waktu lalu di Kecamatan Selangit, sementara desa yang sudah memiliki kampung KB yakni Desa Air Satan Kecamatan Muara Beliti, Desa Bangun Sari Kecamatan Purwodadi, Desa Taba Tengah Kecamatan Selangit, Desa Lubuk Pauh BTS Ulu, Desa Tri Sakti Kecamatan Megang Sakti, Desa Semete Kecamatan Muara Lakitan, Desa Mekar Sari Kecamatan Muara Kelingi, Desa Purwokarto Kecamatan Tugumulyo, Desa Jambu Rejo Kecamatan Sumber Harta, Desa Paduraksa Kecamatan STS Ulu, Desa Bamasco Kecamatan Tuan Negeri,”ungkapnya.

Memang, lanjut Irwansyah, dalam mendirikan kampung KB pihak Dalduk KB memprioritaskan desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

“Kenapa kita membuat Kampung KB ini karena minimnya kesadaran masyarakat untuk program dua anak lebih baik serta tingginya angka putus sekolah,” imbuhnya.

Oleh karenanya, peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan program Kampung KB ini, berharap semua ini nanti dapat berjalan dengan sesuai harapan bersama Dinas Dalduk KB. Dan instansi terkait dapat berjalan bersama baik dinas-dinas dan masyarakatnya. Sehingga masing-masing desa memiliki gebrakan dalam membangun Musi Rawas ini.

“Berdirinya Kampung KB merupakan program Badan KB Provinsi Sumatera Selatan, di mana di Musi Rawas langsung ditunjuk Desa Pulau Panggung sebagai desa pertama yang memiliki Kampung KB,” ucapnya.

Ia berharap didirikannya kampung KB di setiap kecamatan dapat memberikan manfaat dalam jangka panjang.

“Selain dibidang kesehatan program Kampung KB ini untuk menyejahterakan dibidang pendidikan. Makanya kita prioritaskan setiap kecamatan ada kampung KB,” tutupnya. (19)

Komentar

Rekomendasi Berita