oleh

Setiap Dosen Wajib Meneliti

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Setiap dosen didorong sekaligus difasilitasi untuk meneliti. Pembentukan kelompok penelitian (riset group) merupakan langkah untuk tidak sekedar meningkatkan jumlah penelitian, tetapi sekaligus juga meningkatkan kualitasnya. Hal ini dikemukakan Ketua Institut Agama Islam (IAI) Al Azhaar Lubuklinggau, Ust Zuhri, kemarin (2/6).

Ia juga menjelaskan, ia juga mendorong dan memfasilitasi para dosen untuk memublikasikan hasil risetnya di jurnal-jurnal terpercaya.

“Setiap dosen haruslah meneliti. Ini juga merupakan bagian dari tugas akademik yang harus ditunaikan,” kandidat doktor UIN Raden Fatah Palembang ini.

Selain mendorong para dosen untuk meneliti, IAI AL-Azhaar Lubuklinggau juga mendorong agar dilaksanakan Pengabdian pada Masyarakat (PPM).

“PPM juga kan dilaksanakan berbasis grup. Dengan demikian, setiap dosen harus melaksanakan PPM secara terprogram,” tambah Ust Zuhri.
Selain itu, PPM harus dirancang berbasis riset. Hasil penelitian, salah satunya harus didesiminasi dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Ia berkeyakinan, dengan langkah ini, hasil-hasil penelitian yang dilaksanakan para dosen memiliki kebermanfaatan yang lebih.(02)

Rekomendasi Berita