oleh

Setengah Hektare Ladang Ganja Siap Panen

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Kembali ladang ganja ditemukan di wilayah hukum Polres Rejang Lebong. Jajaran Satnarkoba berhasil menemukan ladang ganja di perbatasan hutan lindung Desa Karang Pinang Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU), Minggu (4/2) pagi.

Ladang ganja ditemukan polisi sudah dipanen pemiliknya. Hal itu terlihat dari bekas batang ganja yang dicabut petugas untuk dijadikan barang bukti sudah banyak terpotong, dan tumbuh tunas baru.

“Sebagian ladang ganja yang kita temukan sudah dipanen,” jelas Kapolres Rejang Lebong, AKBP Napitupulu Yogi didampingi Kasat Narkoba, Iptu Sampson Sosa Hutapea saat jumpa pers di halaman Mapolres Rejang Lebong, Senin (5/2).

Kapolres menjelaskan dari temuan ladang ganja diamankan 101 batang ganja berumur lebih kurang dua bulan hingga 4 bulan. Ganja itu siap panen.

“Tinggi batang sudah mencapai satu meter lebih, tanaman ganja ini di areal perkebunan warga dengan luas setengah hektare,” papar Kapolres.

Selain 101 batang ganja, Polisi juga mengamankan satu karung ganja sudah dipanen berada di sekitar lokasi ganja.

“Kita temukan juga satu karung ganja sudah dipanen sudah kering. Kita bawa ke Polres untuk diamankan,” papar Napitupulu Yogi.

Jika batang-batang ganja tersebut dikeringkan, kata Kapolres, diperkirakan bisa menghasilkan ganja siap edar sekitar 5 Kg.

“Kalau yang basah ini kalau dijemur dan dikeringkan bisa mencapai 5 kilogram,” kata Napitupulu Yogi.

Ia berharap kalangan masyarakat yang tahu informasi keberadaan ladang ganja lain diharapkan bisa menyampaikan informasi kepada polisi. Sebab, menurut Kapolres, selain ladang ganja berhasil ditemukan, kemungkinan masih ada ladang ganja lain.

“Tanah di sini cukup subur untuk ditanami ganja, biji diserak saja bisa tumbuh dengan subur, apalagi kondisi lahan di sekitar kita masih cukup luas. Jadi tidak semua lokasi terpantau, harapan kita masyarakat yang mengetahui keberadaan ladang ganja bisa disampaikan ke polisi,” pesan Napitupulu Yogi. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita