oleh

Setelah Seleksi Ulang, Penertiban Anjal Dilanjutkan

LINGGAU POS.CO.ID- Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Lubuklinggau, Walyusman mengaku masih kesulitan dalam menertibkan Anak Jalanan (Anjal) di Kota Lubuklinggau. Pasalnya, mereka masih sering terjadi kucing-kucingan.

Ketika hendak dilakukan penertiban, Anjal langsung bersembunyi. Belum lagi saat ini personel mereka masih dilakukan seleksi ulang. Sehingga penertiban Anjal belum bisa dilaksanakan saat ini. Nanti jika proses seleksi ulang selesai, penertiban akan dilanjutkan.

“Sayangnya, setiap kali penertiban ketika melihat mobil kita mereka langsung berlari, kalau tidak ada penertiban mereka ada di mana-mana, sangat mudah untuk dijumpai terutama malam hari,” ungkap Walyusman.

Bahkan diakui mantan Camat Lubuklinggau Barat I ini, anak-anak tersebut seperti ada yang memberitahu. Ketika personelnya akan melakukan penertiban langsung hilang.

“Kami khawatir mereka sudah ada yang memberitahu. Awalnya mereka kucing-kucingan, lari ketika melihat mobil personel kami datang. Lama-lama mereka seperti tahu, ketika kami datang mereka pergi,” jelasnya.

Kendala lainnya dilanjutkan Walyusman, tempat penitipan anak di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Lubuklinggau hanya mampu menampung selama satu minggu.

“Kita kekurangan anggaran. Paling satu minggu, kemudian dilakukan pendataan dan diberikan peringatan, setelah itu dilepas lagi. Begitu seterusnya,” ungkapnya kembali.

Andika, warga Kelurahan Mesat Jaya Kecamatan Lubuklinggau Timur II ini saat dibincangi mengaku terpaksa mengamen agar bisa mendapatkan uang. Ia mengaku sempat sekolah, namun keterbatasan biaya membuatnya berhenti dan terpaksa mengamen.

Andika mengaku hanya mengamen di malam hari, dan tindakannya ini diketahui kedua orang tuanya.

“Semalam hanya dapat uang Rp20 ribu. Biasanya saya kasih sama orang tua untuk membantu mereka, sisanya untuk jajan. Setiap malam saya mengamen sama teman-teman yang lain meskipun hujan. Kalau malam hari, tidak ditangkap Sat PolPP,” ungkap Andika.(*)

Artikel ini sudah terbit di Harian Pagi Linggau Pos dengan judul “Setelah Seleksi Ulang, Penertiban Anjal Dilanjutkan”

Rekomendasi Berita