oleh

Serahkan Kartu JKN KIS PBI APBD

BPJS Kesehatan Lubuklinggau Peringati HKN ke-53

Jelang Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang sejatinya jatuh pada12 November 2017 mendatang, BPJS Kesehatan Lubuklinggau memaknainya dengan menggelar acara khusus.

Laporan Daulat, Air Kuti

DALAM momen HKN ke-53, BPJS Kesehatan Kota Lubuklinggau penyerahan kartu JKN-KIS kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau di Taman Olahraga Silampari (TOS) Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Jumat (3/11).

Penyerahan kartu JKN KIS secara simbolis dilakukan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau M Ichwansyah Gani kepada Wakil WaliKota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar. Dilanjutkan dengan launching kartu JKN-KIS BPJS Kesehatan Integrasi Jamkesda oleh Pemkot Lubuklinggau dengan melakukan penyerahan kartu tersebut kepada perwakilan penduduk yang didaftarkan oleh Pemkot Lubuklinggau.

Acara ini disaksikan Sekda Kota Lubuklinggau H Rahman Sani, Kepala Dinas Kesehatan Idris, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga H Surya Darma, Kepala Dinas Parawisata Luthfi Ishak, Direktur RSSA Lubuklinggau dr H Mast Idris Usman E, Kepala Puskesmas se-Kota Lubuklinggau, dan segenap insan kesehatan.

Dalam kegiatan yang diawali dengan senam sehat itu Wakil WaliKota Lubuklinggau mengajak masyarakat hidup sehat dan kuat.

“Ayo kita bersama, kami Pemkot Lubuklinggau melalui Dinas kesehatan, Puskesmas, instansi sektoral yang berhubungan secara langsung mau pun tidak langsung, seluruh insan kesehatan selalu berkomitmen dalam mewujudkan masyarakat yang sehat,” katanya

Salah satu program unggulan dalam memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal bagi masyarakat Kota Lubuklinggau, melalui Dinas Kesehatan pemerintah telah memberikan pelayanan yang maksimal.

Melalui Mobil Clinik Center, sehingga masyarakat Kota Lubuklinggau mendapatkan pelayanan setiap saat. Caranya, cukup menghubungi Call Center, dan nantinya petugas kesehatan akan mendatangi ke rumah warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan tersebut.

Lebih lanjut, Wakil Walikota menerangkan, upaya Promotif Preventif dengan melakukan Pemeriksaan Kesehatan serta Skrining Riwayat Kesehatan secara gratis bagi Pemegang Kartu JKN-KIS yang telah dimotori oleh BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau terutama Pemeriksaan Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim melalui metode IVA dan Pap smear, adalah salah satu upaya yang patut diberikan apresiasi.

“Karena berdasarkan data untuk saat ini Kanker Serviks adalah penyakit pembunuh nomor satu bagi kaum wanita, oleh karena itu saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Lubuklinggau untuk selalu melakukan pemeriksaan kepada fasilitas kesehatan terdekat, sebagaimana pepatah mengatakan ‘Lebih baik mencegah dari pada mengobati’, periksakan diri anda dan keluarga sebelum sakit,” pesan Wakil WaliKota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar.

Berkenaan dengan HKN, Wakil Walikota Lubuklinggau mengharapkan kepada seluruh masyarakat terutama insan kesehatan untuk berperan aktif serta dalam memeriahkan dan mengikuti rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional, dimana panitia telah merumuskan rangkaian kegiatan berupa berbagai jenis perlombaan, Seminar Kesehatan, Anjang Sana, pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan yang berprestasi serta kegiatan-kegiatan lainnya.

“Kita patut bangga telah memiliki SDM Kesehatan yang berkualitas, inovatif dan kreatif, yang telah memberikan pengabdian dan pelayanan secara ikhlas dan tulus kepada seluruh lapisan masyarakat, sesuatu yang istimewa wajib dan harus kita dukung. Salah satu upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat Kota Lubuklinggau sebagai langkah awal untuk mendapatkan pelayanan dan pengobatan yang berkualitas dan secara gratis, pemerintah Daerah telah mengintegrasikan atau mendaftarkan masyarakat Kota Lubuklinggau sebagai peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan. Dalam tahap awal masyarakat yang di daftarkan sebanyak 2.586 jiwa, dan pemerintah akan berupaya untuk dapat meng-cover biaya pelayanan seluruh masyarakat Kota Lubuklinggau dengan mendaftarkan sebagai peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan. Adapun masyarakat yang didaftarkan harus memiliki kriteria tertentu yang telah ditetapkan dan telah dilakukan pendataan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, H Ichwansyah Gani menambahkan, peran serta BPJS Kesehatan dalam upaya peningkatan Derajat kesehatan khususnya di Kota Lubuklinggau adalah pelaksanaan kegiatan promotif dan preventif. Kegiatan ini, kata bapak yang akrab dipanggil Iwan tersebut, telah dilakukan secara rutin dari tahun 2014 sesuai dengan arahan Ibu negara Iriana Joko Widodo melalui “Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” (GERMAS) di mana kegiatan ini lebih di fokuskan pada pemeriksaan skrining riwayat kesehatan primer dan sekunder.

Skiring kesehatan Primer difokuskan untuk mengetahui secara dini riwayat kesehatan, sehingga dapat segera dilakukan pencegahan dan pengobatan apabila terindikasi menderita penyakit tertentu.

Sedangkan untuk Skrining kesehatan sekunder telah dilakukan pemeriksaan kanker leher rahim/kanker serviks melalui metode IVA ( inspeksi visual dengan assam assetat) atau melalui pap smear.

“Kegiatan pemeriksaan ini BPJS bekerja sama dengan seluruh Puskesmas yang ada di wilayah Kota Lubuklinggau. Pada tahun 2014 telah dilakukan pemeriksaan IVA dan pap smear sebanyak 2.290 peserta, tahun 2015 742 peserta, tahun 2016 ada 2.770 peserta, dan untuk tahun 2017 sampai dengan Oktober sebanyak 1.919 peserta,” tuturnya.

Fokus utama kegiatan promotif dan preventif ini pada pemeriksaan kanker serviks, karena 10 tahun terakhir pembunuh nomor 1 wanita adalah penyakit ini dan kasus ini semakin meningkat setiap tahunya, berdasarkan data Globocon pada 2012 yang dirilis World Health Organization (WHO), setiap jam ada satu wanita Indonesia yang meninggal akibat kanker serviks.

WHO memperkirakan setiap hari ada 58 kasus baru kanker serviks. Untuk merealisasi Indonesia bebas kanker, khususnya kanker serviks dalam 10 tahun mendatang.

Kemarin juga, BPJS kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan organisasi kesehatan terutama IDI dan IBI membuka pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan IVA, serta Skrining riwayat kesehatan.

Di hadapan lebih dari 700 peserta senam sehat, Iwan memaparkan bahwa Pemkot Lubuklinggau telah mendaftarkan 2.898 warga Kota Lubuklinggau sebagai Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan. Sehingga pada kesempatan yang baik ini Pemkot Lubuklinggau akan melakukan penyerahan secara kepada masyarakat yang telah didaftarkan.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita