oleh

Serahkan Hasil Pleno ke DPRD

LINGGAU POS ONLINE –  Selain ke Bupati Rejang Lebong dan selanjutnya diteruskan ke Gubernur Bengkulu, KPU Rejang Lebong juga menyerahkan hasil pleno penetapan kursi dan Calon Legislatif terpilih ke DPRD Rejang Lebong, Jumat (26/7).

“Kita sampaikan hasil penetapan kita pleno kemarin, untuk kemudian ditindaklanjuti. Kita juga sudah sampaikan ke Gubernur melalui ke Bupati,” kata Ketua KPU Rejang Lebong, Restu Wibowo dikonfirmasi usai bertemu dengan unsur pimpinan DPRD.

Sementara itu, Ketua DPRD Rejang Lebong, M Ali didampingi Sekretaris Dewan (Sekwan) Zulkarnain menjelaskan soal jadwal pelantikan Caleg terpilih akan dirapatkan terlebih dahulu dengan Banmus.

“Kalau habis masa jabatan DPRD lama sampai 24 Agustus, soal pelantikan nanti bisa jadi pada tanggal itu atau bisa jadi maju atau mundur, tunggu rapat Banmus,” katanya.

Selain menyampaikan hasil pleno, sambung Ali, KPU juga sempat membahas soal anggaran Pilkada untuk 2020.

“Kalau untuk anggaran Pilkada di APBD 2020, kemungkinan besar KPU akan mulai melaksanakan tahapan pada Januari 2020, anggaran bisa digunakan pada akhir Januari,” tambah Ali.

Dibagian lain, untuk usulan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada bersumber dari APBD Rejang Lebong oleh KPU Rejang Lebong akan dianggarkan di APBD tahun 2020.

“Kalau untuk usulan dari KPU dianggarkan di APBD tahun 2020, kalau untuk di APBD Perubahan 2019 tidak ada,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Rejang Lebong RA Denni.

Dijelaskan Denni, usulan kebutuhan KPU untuk pelaksanaan Pilkada tersebut nanti akan dibahas bersama-sama dengan DPRD.

“Nanti akan kita bahas bersama, berapa yang dibutuhkan, berapa sharing dari provinsi,” kata Denni.

Pihaknya, sambung Denni, hingga saat ini belum mengetahui pasti berapa dana sharing dari Provinsi.

“Meskipun Januari 2020 tahapan mulai tetap dianggarkan di APBD tahun 2020, karena masuk di tahun 2020, kalau untuk 2019 belum,” tambahnya.

Ketua KPU Rejang Lebong Restu Wibowo juga hingga saat ini belum menerima laporan berapa dana sharing dari Provinsi. “Kita belum dapat informasi berapa besaran dana sharing dari Provinsi,”katanya.

Menurut Restu, meski usulan anggaran Pilkada akan dimasukkan ke APBD tahun 2020, namun Ia berharap kebutuhan tahapan pelaksanaan Pilkada yang akan dimulai Januari 2020 bisa segera terpenuhi. “Harapan kita Januari sudah bisa digunakan,” harap Restu.

KPU sendiri, sambung Restu, selain mengusulkan anggaran untuk Pilkada, juga menyampaikan tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada.

“Selain usulan kebutuhan anggaran, tahapannya juga kita sampaikan,” tambah Restu. (sam)

Rekomendasi Berita