oleh

Sepekan Operasi Patuh, 632 Pengendara Ditilang

LINGGAU POS ONLINE – Sepekan operasi patuh 2019 yang dilaksanakan serentak di Indonesia. Satuan Lalu Lintas Polres Lubuklinggau sudah  mengeluarkan 632 lembar surat tilang.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono melalui Kasat Lantas AKP Imanuhadi, Rabu (4/09/2019) menjelaskan, operasi patuh sudah berjalan tujuh hari dari 14 hari waktu pelaksanaan.

“Berdasarkan evaluasi minggu pertama pelaksanaan operasi, Tilang yang dikeluarkan sebanyak 632 lembar. Untuk jenis pelanggaran yaitu pengendara sepeda motor sebanyak 487, untuk mobil dan truk yang di tilang sebanyak 145,” jelas kasat.

Dilanjutkan Kasat, untuk jenis pelanggaran didominasi kelengkapan kendaraan sebanyak 154, tidak mengunakan helm SNI sebanyak 130, surat menyurat sebanyak 121, melawan arus sebanyak 54, melanggar rambu 60, berkendara dibawah umur sebanyak 58, tidak menggunakan safety belt 39, berboncengan tiga 16.

“Ini faktanya bahwa di Lubuklinggau, pelanggaran lalu lintas masih tinggi, bila dibandingkan operasi patuh tahun lalu, peningkatan lebih dari 50 persen. Ini disebabkan oleh meningkatnya volume kendaraan bermotor dan juga kurangnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas,” ia mengatakan.

Padahal, soal edukasi pendidikan berlalu lintas, Kami tidak henti-hentinya selalu menyampaikan dan mengingatkan pengguna jalan untuk tertib dalam berlalu lintas. “Baik itu secara verbal point to point di lapangan ataupun melalui berbagai media, baik spanduk, banner maupun media sosial” ujar Kasat menjelaskan.(*)

Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita