oleh

Seorang JCH Mengundurkan Diri

LINGGAU POS ONLINE – Besok (6/7) sekira pukul 19.00 WIB, 190 Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kabupaten Musi Rawas (Mura) berangkat ke Asrama Haji, Palembang. Pelepasan JCH akan berlangsung di Masjid Agung Darussalam Muara Beliti.

Kabar ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mura, H Hermadi melalui Kasi Penyelenggara Haji, H Asror, Kamis (4/7).

Ia menerangkan, ada 103 perempuan dan 87 laki-laki yang akan berangkat tahun ini. Asror menjelaskan, tahun ini ada jemaah tertua atas nama Muhadi Ahmad Idris (81) dari Kecamatan Megang Sakti dan JCH termuda Retno Ulfayatun Hidaya (27) dari Kecamatan Muara Lakitan.

“Hingga saat ini, seluruh JCH tersebut tidak ada yang menderita sakit. Dan 7 hingga 19 Juli nanti, dilakukan cek kesehatan di Asrama Haji,” kata Asror.

Sedangkan ramah-tamah JCH akan dilakukan malam ini, 5 Juli 2019 di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Mura. Dirinya juga meminta kepada JCH untuk mulai mempersiapkan diri.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah senantiasa menjaga kesehatan kita sejak sekarang,” imbuhnya.

Sementara Kasi Penyelenggaraan Haji Kemenag Kota Lubuklinggau, Hasbi Saidina Ali memastikan, JCH Kota Lubuklinggau akan berangkat pada Senin (8/7) pukul 20.00 WIB di Masjid Agung As-Salam. Pasalnya, JCH Kota Lubuklinggau masuk dalam kloter empat gelombang satu.

Untuk itu pagi ini, dilaksanakan jamuan makan sekaligus pelepasan JCH Kota Lubuklinggau, di rumah dinas Walikota Lubuklinggau di Kelurahan Petanang, Kecamatan Lubuklinggau Utara I. Acara dimulai, pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai.

“JCH kita dipastikan yang berangkat sebanyak 261, berkurang dua orang dari jumlah sebelumnya 263. Dua JCH tersebut, satunya meninggal dunia atas nama Siti Ailun (55), yang meninggal pada 21 Juni lalu dan satu orang lagi mengundurkan diri dengan alasan kesehatan,” ungkap Hasbi.

Tiba di Palembang, JCH akan masuk ke asrama haji.

“10 Juli mereka (jch, red) akan diberangkatkan dari Palembang ke Madinah,” lanjutnya.

Sebelum berangkat, 8 Juli mendatang juga JCH Kota Lubuklinggau akan menyerahkan koper besar kepada Panitia Kantor Kemenag Kota Lubuklinggau. Penyerahan koper tersebut dilaksanakan pukul 09.00 WIB di Kantor Kemenag, Jalan Soekarno Hatta KM 15 Petanang Ulu Kecamatan Lubuklinggau Utara I. Koper besar yang diantar keluarga JCH ke panitia untuk ditimbang dengan bobot maksimal 15 kg per jamaah.

Untuk itu ia menambahkan agar panitia dapat memberikan bantuan tenaganya untuk pengurusan koper JCH. Dia berharap sebelum pukul 12.00 WIB, seluruh koper JCH sudah terkumpul dan selesai ditimbang karena akan dimasukkan ke dalam bus.

“Mohon kerelaan dan keikhlasan saudara untuk membantu, yang menolong JCH insya Allah akan berangkat haji,” jelasnya.

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Muratara, H Ikhsan Baijuri menambahkan, untuk 127 JCH asal Muratara akan berangkat Jumat (19/7) malam.

“Insya Allah selepas Isya berangkat dari Masjid RM Sederhana. Lalu Sabtu (20/7) pagi masuk asrama haji. 21 Juli 2019 pagi, langsung take off Jeddah. Mereka masuk kloter 15 gelombang dua,” imbuhnya. (dlt/rfm/lik)

Rekomendasi Berita