oleh

Seni Budaya : Memainkan Alat Musik Sederhana dan Alat Musik Campuran

Seni Budaya (Musik)/Kelas VII Semester 2

Oleh : Edi Margoyono, S.Pd (Guru SMPN 2 Lubuklinggau)

 MATERI

Memainkan Alat Musik Sederhana dan Alat Musik Campuran

Bermain music bisa dilakukan dengan peralatan yang sederhana seperti menggunakan kaleng bekas, botol bekas, paralon bekas, batang bamboo bekas, atau barang-barang bekas lainnya yang dapat dijadikan sebagai instrument music yang mengasyikkan.

Alat music sederhana tersebut hendaknya memenuhi criteria sebagai berikut.

—  Mudah didapat di lingkungan tempat tinggal

—  Mudah buat sendiri

—  Mudah dipelajari

—  Mudah dimainkan

—  Menghasilkan bunyi yang enak didengar

   Alat music sederhana dari lingkungan sekitar

  • Di beberapa wilayah di Indonesia dijumpai bermacam-macam alat music sederhana yang dibuat dari benda-benda yang terdapat di lingkungan sekitar.
  • Di kalangan masyarakat agraris yang bermatapencaharian sebagai petani biasanya ditemukan alat music sederhana yang terbuat dari berbagai macam tanaman, seperti recorder dari bambu dan daun kelapa. Ada pula perkusi yang terbuat dari batang bamboo dan pohon.
  • Music sederhana dari benda-benda yang ada di sekitar kita dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu alat music yang bernada atau melodis dan alat music satu nada ritmis.

Ansambel Musik adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik dan kemudian memainkan lagu dengan aransemen yang sederhana. Kata ansambel sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang mempunyai arti rombongan musik dan ansambel dalam kamus musik mempunyai definisi kelompok kegiatan musik. Musik sendiri digunakan banyak orang saat sedang belajar karena dipercayai sebagai salah satu cara menghindari stress saat belajar Musik Ansambel terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu :

  1. Musik Ansambel Sejenis

Ansambel sejenis adalah salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan alat-alat sejenis. Contohnya : ansambel rekorder.

  1. Musik Ansambel Campuran

Musik ansambel campuran adalah salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan beberapa alat music. Contohnya : ansambel pianika, ansambel gitar, ansambel triangle, dll. Apabila anda belum mempunyai keahlian dalam memainkan gitar,tentu anda bisa belajar dengan membaca cara cepat belajar gitar dengan mudah. Musik Ansambel juga dapat digolongkan menjadi 3 kelompok apabila dilihat dari fungsi dan alat musik yang digunakan, yaitu :

  1. Musik Ansambel Melodis

Alat musik yang digunakan dalam musik ansambel melodis adalah alat musik yang dimainkan dengan tujuan menghasilkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi sebuah lagu. Contoh : piano, harmonika, rekorder, terompet

  1. Musik Ansambel Ritmis Musik ansambel ritmis dalam penyajiannya menggunakan alat musik yang gunanya agar mengatur irama sebuah lagu. Contoh : Drum set, triangle, gong, gendang, dan tamborin.
  2. Musik Ansambel Harmonis Musik ansambel harmonis memakai alat musik yang dapat berperan ganda yaitu sebagai memainkan rangkaian nada-nada dan mengatur irama dari sebuah lagu.

SOAL :

  1. Seni musik adalah media ekspresi yang menyenangkan bagi pemain dan penikmatnya. Ada banyak cara dalam penyajian musik, salah satunya dengan ansambel musik. Apakah yang dimaksud dengan ansambel musik!
  2. Setiap alat musik memiliki keunikan masing-masing. Menurut fungsinya jenis alat musik ini bisa dibagi menjadi tiga. Salah satu nya alat musik ritmis yang berfungsi memberikan irama saja. Silahkan tuliskan empat alat musik ritmis yang kamu ketahui!
  3. Menurut fungsinya, sampek dan sasando adalah kelompok musik harmonis. Sebutkanlah tiga nama alat musik yang termasuk kedalam kelompok alat musik melodis!
  4. Musik Indonesia amat beragam ada musik tradisional dan musik modern. Masing-masing daerah memiliki alat musik dengan karakteristik dan teknik tersendiri untuk memainkannya. Identifikasilah 5 nama alat musik tradisional Indonesia berserta cara memainkannya!
  5. Bahan dasar dalam pebuatan alat musik juga merupakan salah satu keunikan dan faktor daya tarik sendiri bagi alat musik tersebut. Seperti Angklung yang terbuat dari bambo. Dan ada juga Sasando yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Ceritakanlah apa yang kamu ketahui tentang alat musik Sasando!

Rekomendasi Berita