oleh

Senam Latih Kelincahan Tubuh Anak

Latih Kelincahan Tubuh Anak Melalui Kegiatan Senam

LINGGAU POS ONLINE, BANDUNG KANAN – Diiringi musik yang ceria dengan guru sebagai instrukturnya, serta gerakan demi gerakan dilakukan oleh anak-anak PAUD Bina Insani yang  ceria dan cukup kompak melakukan gerakan senam ceria.

Tidak hanya itu saja, dalam kegiatan senam ini, terlihat anak-anak PAUD Bina Insani yang berjumlah 30-an anak tersebut sangat asyik  bergerak-gerak  dan  melompat-lompat dengan lucunya, mengikuti gerakan-gerakan yang diinstruksikan oleh gurunya di depan.

Kepala Linggau Pos, Kepala PAUD Bina Insani, Siti Aisyah mengungkapkan sangat senang dengan kegiatan senam ini, karena anak bisa bebas bergerak, berekspresi melalui kegiatan senam.

“Kegiatan senam ini kita lakukan rutin setiap Jumat Pagi, dengan kompak anak-anak mengenakan seragam olahraga dan melaksanakan gerakan senam ceria anak usia dini,” katanya.

Lanjutnya, saat kegiatan senam ini, anak-anak akan dengan antusias mencoba menirukan gerakan-gerakan yang diinstruksikan guru-gurunya di depan. Yang tentunya jenis senam yang dilakukan aman bagi anak, gerakan sesuai dengan  tahapan usia dan menyenangkan untuk anak.

“Sebenarnya banyak sekali manfaat untuk si kecil dari kegiatan senam ini, selain agar mereka gemar berolahraga sejak dini untuk kesehatan tubuh. Dengan kegiatan ini juga dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak didik yang sangat penting bagi anak usia dini, yaitu kemampuan anak dalam menggunakan otot-otot besar pada tubuh,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain mampu membantu perkembangan motorik anak, kegiatan senam pada usia dini juga mampu untuk melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh anak sejak dini, serta melatih konsentrasi dan keseimbangan tubuh anak.

“Karena, gerakan-gerakan senam khusus anak ini juga  dianggap mampu memperkuat otot punggung dan perut, sehingga anak mampu menjadi lebih tangkas bergerak ataupun melompat dan anak akan menjadi sehat badannya tentunya harus juga di dukung dengan makanannya yang sehat dan bergizi,” paparnya.

Usai kegiatan senam ceria, anak-anak diberi kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan guru-guru dan sesama temannya.

“Iya, usai kegiatan senam kita juga mengajak anak-anak berbicara, mendengar cerita mereka yang lucu-lucu. Sehingga mereka akan selalu senang berada di sekolah, karena sekolah bukan hanya tempat mereka untuk belajar dan bermain, tetapi tempat mereka nyaman bercerita selain di rumah,” ungkapnya. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita