oleh

Semua Elemen Harus Punya Jiwa Patriotik

Peringatan Bela Negara di Empat Lawang

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang menggelar upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-70 di halaman Pemkab Empat Lawang, Rabu (19/12). Apa pesan yang tersirat dari momen ini?

Laporan Kayan Manggala, Empat Lawang

BUPATI Empat Lawang, H Joncik Muhammad yang menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-70, kemarin. Saat membaca amanat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, ia mengatakan bahwa bela negara merupakan tugas semua elemen. Karena bela negara tidak hanya melalui kekuatan fisik belaka, melainkan dilakukan dengan beragam upaya dan profesi.

“Bela negara adalah kerja sama segenap elemen negara dan bangsa, bukan hanya pemerintah apalagi nomenklatur program kerja suatu instansi atau satuan kerja saja,” tegas Joncik Muhammad.

Ditambahkannya, bela negara juga wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat, dunia usaha, dunia pendidikan, media, hingga tokoh pemuda tokoh agama, untuk ikut serta membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Untuk mewadahi hal tersebut, September lalu telah diterbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Bela Negara tahun 2018-2019. Terbitnya Inpres ini menanggapi perwujudan amanat bela negara dalam Undang-Undang 1945 dan Peraturan Perundang-undangan tentang Pertahanan Negara,” jelasnya.

Joncik berharap, agar generasi muda terutama di “Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati” bisa lebih memupuk jiwa patriotik dalam mencintai Indonesia.

“Generasi muda harus bisa memahami sejarah dan bisa mencintai NKRI yaitu dengan berkarya dalam hal yang positif,” imbuhnya.(*)

Rekomendasi Berita