oleh

Semoga Jadi Haji Mabrur

LUBUKLINGGAU – Suasana haru mengiringi pelepasan 263 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Lubuklinggau yang diberangkatkan ke Asrama Haji Palembang.

Pelepasan dilakukan Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar di Taman Kurma, Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau, Senin (8/7) malam.

Ratusan keluarga JCH Lubuklinggau tampak menanti saat-saat keberangkatan keluarganya ke asrama haji Palembang. Terlihat, ada yang makan bersama dan ada yang mengajak anaknya bermain serta lainnya.

Sebelum jemaah berangkat, SN Prana Putra Sohe bersama jajarannya meninjau ke bus jemaah. Dan melakukan imbauan serta pesan-pesan ke jemaah.

SN Prana Putra Sohe meminta kepada seluruh JCH, untuk selalu mendengarkan arahan-arahan dari petugas haji. Serta menjaga kekompakan dan kebersamaan bersama.

Selain itu, ia juga berpesan kepada seluruh JCH untuk menjalankan haji dengan sungguh-sungguh dan selalu menjaga kesehatan.

“Jalankan ibadah haji dengan sungguh-sungguh agar menjadi haji yang mabrur, dan yang terpenting sesampai di sana tolong dijaga kesehatan dan patuhi imbauan-imbauan yang ada,” imbaunya.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau, Azhari Rahardi menjelaskan sebanyak 263 JCH, terdiri dari 116 orang pria dan 147 orang wanita.

“Jadwal JCH Lubuklinggau diterima di Asrama Haji Palembang, Selasa (9/7) pagi, setelah menerima berbagai bekal, JCH akan diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi,” kata Azhari Rahardi.

Selanjutnya, di Asrama Haji Palembang, JCH akan kembali menerima arahan dari panitia dan menjalani tes kesehatan sebelum berangkat ke Jeddah.

“Setiba di sana, akan dilakukan tes kesehatan kembali, nanti khusus yang berisiko tinggi akan diberi gelang khusus. Setelah itu diberi Id card dan atribut lainnya, pada Rabu (10/7) pagi, JCH diberangkatkan ke Jeddah. Melalui Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II,” jelasnya.

Sementara 190 JCH asal Kabupaten Musi Rawas (Mura) pukul 10.00 WIB, Senin (8/7) telah diberangkatkan menuju Kota Madinah dari Asrama Haji Embarkasi Palembang.

Hal itu disampaikan, Kepala Kemenag Mura H Hermadi melalui Kasi Penyelenggara Haji, Asror kepada koran ini.

Dirinya mengatakan keberangkatan ke Tanah Suci melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

“Kepada jamaah, berpesan agar tetap menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci. Kesehatan jamaah menjadi penting, karena ibadah haji membutuhkan fisik yang sehat untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji hingga puncaknya wukuf di Arafah,” ucapnya.

Selain itu, kepada JCH untuk tetap menjaga disiplin, tata krama dan etika selama di Tanah Suci. Semua arahan dan aturan yang telah diberikan hendaknya dapat dipatuhi, agar pelaksanaan ibadah haji berjalan aman, lancar, dan selesai, hingga mendapat predikat haji mabrur.

“Selama beribadah, jamaah dapat meluruskan lagi niat yang ikhlas dalam beribadah. Juga tetap mematuhi peraturan yang telah ditetapkan petugas haji. Hal tersebut untuk sama-sama saling melengkapi agar jamaah tidak mendapat kendala selama di Tanah Suci Mekah,” jelasnya. (dlt)

Rekomendasi Berita