oleh

Semarak HUT Kemerdekaan RI ke-73 di MAN 2

LINGGAU POS ONLINE, TABA JEMEKEH – Jumat (17/8), keluarga besar MAN 2 Lubuklinggau sukses dan khidmat melaksanakan Upacara Memperingati Dirgahayu Republik Indonesia (RI) ke-73 tahun 2018, yang diikuti seluruh guru, staf dan siswa-siswinya.

Dalam upacara tersebut, Kepala MAN 2 Lubuklinggau, Saipul Basin menyampaikan Pidato Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI 17 Agustus 2018.

Yang mana pada intinya, bahwa upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) harus dilihat dari dua perspektif manusia sebagai insan yang berkarakter unggul dan manusia sebagai sumber daya pembangunan yang sehat, berpendidikan, dan produktif.

Untuk itu, lanjutnya, terdapat lima karakteristik SDM yang perlu dihasilkan melalui pendidikan dan kebudayaan, yaitu memiliki karakter kuat, memiliki multi kecakapan Abad 21 dan Bersertifikat, Elastis dan Pembelajar Sepanjang Hayat, Inovatif dan Kewirausahaan dan Kewarganegaraan Global.

“Dan Pesta olahraga Asian Games 2018 dan Hari Kemerdekaan ke-73 ini bisa menjadi momentum mengobarkan semangat nasionalisme. Dan kesempatan kali ini seharusnya juga dapat membakar semangat kita bersama dalam menunjukkan prestasi bangsa dan prestasi kerja kita bersama. Peringatan HUT RI ke-73 ini kita jadikan momentum untuk menunjukkan kinerja dan prestasi yang menjadi kebanggaan bagi kita semua dan kekaguman bangsa lain,” ungkapnya.

Pada peringatan HUT RI ini juga, keluarga besar MAN 2 Lubuklinggau menggelar berbagai macam perlombaan yang cukup kreatif dan inovatif, pada 14-16 Agustus 2018. Meliputi lomba futsal sarung berpasangan, makan kerupuk, estafet tepung, lomba pengibaran bendera dan paduan suara, lomba joget balon, pidato bahasa inggris, lomba pengucapan pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan Manda Got Talent.

Semua rangkaian perlombaan berlangsung sukses dan semarak. Semua siswa perwakilan kelas terlibat dalam kegiatan lomba ini yang dilaksanakan dengan tujuan tidak hanya membangkitkan semangat siswa dalam berprestasi tetapi juga meningkatkan kreativitas siswa-siswi MAN 2 Lubuklinggau. Serta mampu meningkatkan semangat juang dan memupuk jiwa sportivitas dalam menggapai prestasi. Dengan terpupuk rasa nasionalisme akan memperkuat ketahanan nasional dari pengaruh negatif perkembangan globalisasi.

Tidak hanya mengikuti lomba baris-berbaris tingkat Kota Lubuklinggau, 5 siswa-siswi MAN 2 Lubuklinggau juga berhasil menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kota Lubuklinggau. Diantaranya Muhammad Ikhsan Valentino Syayutie kelas XI IPA 3, Jecky Fernando Akhbar Kelas XI Agama I, Dian Mustika Sari Kelas XI IPS 1, Annur Karima Kelas XI Agama 2, dan Annisa Kelas XI IPA 3. (AE02)

Rekomendasi Berita