oleh

Seluruh Desa di Muratara Belum Bentuk Kelompok Peduli ASI

“…Kita sudah melakukan sosialisasi, tetapi hingga sekarang belum ada desa yang membentuk kelompok peduli ASI…”

* Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat, Zafira

LINGGAU POS ONLINE- Sampai saat ini seluruh Desa di Wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), belum membentuk kelompok peduli Air Susu Ibu (ASI). Padahal salah satu upaya untuk menurunkan angka stunting, Dinas Kesehatan (Dinkes) Muratara meminta setiap desa memiliki kelompok peduli ASI.

Untuk itu Senin (16/12), Dinkes Muratara adakan pertemuan evaluasi kelompok peduli ASI. Kepala Dinkes Muratara, Marlinda melalui Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Zafira mengatakan hari ini pertemuan evaluasi ini dilakukan dengan ibu Camat, dan perwakilan dari Puskesmas yang ada di Kabupaten Muratara.

“Sebelumnya kita sudah melakukan sosialisasi, tetapi hingga sekarang belum ada desa yang membentuk kelompok peduli ASI. Makanya pertemuan ini kita lakukan,” ungkap Zafira, Senin (16/12).

Sampai saat ini diungkapkan Zafira, belum ada desa yang membentuk kelompok peduli ASI. Padahal harapan Dinkes, setiap Desa ada kelompok Peduli ASI.

Selama ini, kendala mereka membentuk kelompok peduli ASI lantaran pihak desa takut program ini tumpang tindih dengan program yang lain.

“Padahal dengan adanya kelompok peduli ASI, tujuannya untuk membantu menurunkan angka stunting dan pencegahan terjadinya stunting pada anak. Seharusnya yang berperan dalam pembentukan kelompok ASI, Kades. Karena kami yakin, setiap Kades pasti menginginkan masyarakatnya sehat,” tegasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat, untuk mulai memberikan hak anak salah satunya dengan memberikan ASI. Karena ASI merupakan makanan hak anak.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita