oleh

Selektif Pilih Hewan Kurban

CURUP – Pada saat hari H pelaksanaan pemotongan hewan kurban Idul Adha 1440 Hijriah, panitia kurban diharapkan bisa selektif melihat dan memilih hewan yang akan dijadikan kurban.

Informasi disampaikan Kepala Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Curup, Drh Firi Asdianto.

“Panitia jangan langsung menerima hewan kurban pada saat hari pemotongan, tapi periksa dulu umurnya cukup atau tidak,” harap Firi.

Salah satu ciri hewan yang memiliki umur lebih dari dua tahun bisa dilihat dari giginya.

“Buka mulutnya dulu dan lihat giginya baru bisa mengetahui sekitar berapa umurnya,” kata Firi.

Untuk ternak jenis sapi, sambungnya, jika sudah memiliki sepasang gigi permanen usianya diperkirakan sudah diatas 2 tahun.

“Kalau ada dua pasang gigi permanen umurnya sudah 2,5 – 3 tahun,” paparnya.

Namun, sambungnya, jika belum memiliki gigi permanen, diperkirakan umurnya masih dibawah 2 tahun dan belum layak untuk dijadikan kurban. Selain memeriksa umur, sambung Firi, panitia juga bisa memeriksa kesehatannya.

“Kalau sesudah dipotong dan melihat ada keanehan dan mencurigakan pada bentuk daging silakan melaporkan pada petugas. Kita juga saat hari pemotongan akan melakukan pemeriksaan keliling,” tambah Firi.

Firi juga menambahkan, untuk ciri-ciri hewan yang sehat diantaranya berdiri berjalan normal, tidak pincang, nafsu makan bagus, tubuh padat berisi, kulit licin dan tidak kusam, hidung sedikit basah dan tidak keluar liur berlebihan dan hewan harus jelas asal usulnya. (sam)

Rekomendasi Berita