oleh

Sektor Perkebunan Kunci Kemakmuran Rakyat

Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan meninjau hasil inovasi masyarakat dalam menciptakan asam cuka dari bahan daur ulang.

 

Disbun Mura Peringati Hari Perkebunan ke-60

Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Musi Rawas (Mura) sukses menyelenggarakan peringatan Hari Perkebunan ke 60 Tahun 2017. Acara berlangsung di Gedung BLK Kabupaten Musi Rawas, Jumat (22/12). Menggusung tema “Perkebunan Sumber Kemakmuran dan Perekat Bangsa”.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, Kepala Dinas Perkebunan Ir Subardi, Perwakilan Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Ir Parulian, Ketua TP PKK Musi Rawas Hj Noviar Marlina Gunawan, Kabid Pengawasan dan Pengendalian Disbun Musi Rawas Aldar, Kabag Humas Setda Musi Rawas Setiawan, serta tamu undangan.

Kadisbun Kabupaten Musi Rawas, Ir Subardi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Musi Rawas, sudah yang hadir dalam kegiatan ini.

“Kita sengaja melaksanakan kegiatan ini, karena sebagai bentuk syukur kita, karena penghasilan dari perkebunan menjadi sumber kemakmuran dan menjadi perekat bangsa,” kata Subardi, kemarin.

Subardi mengatakan sektor perkebunan menjadi kunci strategis untuk pembangunan bangsa. Karena, pendapatan dari hasil perkebunan ini untuk skala nasional mencapai Rp 624 triliun per tahun.

“Saya yakin sekali lima sampai enam tahun mendatang sektor komoditas karet akan bangkit kembali, karena saat ini, sektor karet masih anjlok. Sehingga, petani kita minta untuk menjaga kualitas karet, supaya harganya mahal,” pintanya.

Dalam acara peringatan Hari Perkebunan ke-60 ini, sekaligus pemberian bingkisan peralatan sekolah dari pengurus Dharma Wanita Persatuan Dinas Perkebunan, pengumuman pemenang lomba kampung manis, penyerahan akta notaris Lembaga Ekonomi Masyarakat, penyerahan dua unit sepeda motor dan aneka bibit tanaman, serta masih banyak bantuan lainnya.

“Banyak sekali bantuan yang kita berikan kepada masyarakat, dengan harapan bantuan yang diberikan tersebut dapat menyejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan mengaku bangga dengan Sumber Daya Alam yang begitu melimpah di Kabupaten Musi Rawas ini.

“Musi Rawas sangat unggul dengan komoditas karet dan sawit. Maka saya sangat berharap sekali, dari dua komoditas ini bisa menyejahterakan masyarakat. Karena, kita ingin dalam dua tahun ini, status Musi Rawas tertinggal bisa segera terlepas,” jelas Hendra.

Suami dari Hj Noviar Marlina Gunawan ini, mengaku hingga tahun 2021 mendatang dirinya memimpin Musi Rawas akan tetap memprioritaskan di sektor pertanian.

“Petani itu adalah orang-orang pilihan, karena mempunyai kesabaran yang sangat tinggi. Maka dari itu, kedepan saya ingin terus memprioritaskan sektor pertanian. Saya juga mengajak kepada semua pihak, untuk saling bergandengan tangan, supaya masyarakat Musi Rawas ini semakin sejahtera,” tutupnya.(12)

Komentar

Rekomendasi Berita