oleh

Sekretariat PKK-Karang Taruna Marga Sakti Diresmikan

Dibangun Secara Swadaya

LINGGAU POS ONLINE, MUARA KELINGI – Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan bersama Ketua Tim Penggerak PKK Musi Rawas, dr Hj Noviar Marlina Gunawan, Rabu (4/7) meresmikan Sekretariat PKK dan Karang Taruna serta Perpustakaan Desa Marga Sakti, Kecamatan Muara Kelingi. Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Marga Sakti, Umar dalam sambutannya melaporkan pembangunan Sekretariat TP PKK dan Karang Taruna Desa Marga Sakti dilaksanakan secara swadaya masyarakat dengan  ukuran 12×12 meter dengan total nominal Rp 130 juta.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dalam sambutannya mengatakan memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat khususnya pemerintah desa marga sakti yang telah ikhlas, sabar, bersyukur dan bergotong-royong dalam membangun dua fasilitas publik ini tanpa menggunakan dana daerah maupun dana desa.

Bupati berharap agar desa-desa lainnya dapat mencontoh Desa Marga Sakti agar dapat mendorong seluruh lapisan masyarakat bergotong royong, dalam melengkapi fasilitas desa. Ia yakin desa ini akan cepat maju dan berprestasi serta Kabupaten Mura  ini dapat segera terlepas dari status tertinggal.

“Budaya gotong royong merupakan salah satu warisan leluhur yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup bermasyarakat. Saat ini pemerintah terus mendorong dan mengajak masyarakat untuk terus menggelorakan semangat gotong royong agar terus berada di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Hendra Gunawan di hadapan undangan.

Ia berharap kepada seluruh pemerintah desa dan masyarakat dapat merawat hasil pembangunan, baik yang dibiayai swadaya maupun menggunakan dana pemerintah. Seperti jalan, jembatan, drainase dan lainnya. Jika dirawat maka fasilitas itu dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama oleh masyarakat.

Khusus untuk infrastruktur jalan desa dan kabupaten yang dibangun oleh APBD, Bupati menginstruksikan kepada Instansi terkait dan Kades untuk memasang portal yang hanya dapat dilewati kendaraan yang memiliki beban tidak lebih dari 6 ton. Sehingga jalan ini dapat bertahan lama dan bermanfaat untuk masyarakat.

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari Program Aksi Rabu Bina Desa Sempurna (Akrab Desa) dihadiri Kepala Dinas PU BM, H Aidil Rusman, Kadis BPMPD, H Mefta Joni, Kadis Sosial, H Agus Susanto, Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah, seluruh camat di Kabupaten Mura, seluruh Kades di wilayah Kecamatan Muara Kelingi, serta ratusan warga setempat.(Rls/08)

Rekomendasi Berita