oleh

Sekolah Rusak Lapor ke Ombudsman

“Mekanisme melaporkannya mudah saja. Cukup kirim informasinya via whatsapp saya. Disertakan foto copy KTP, dan bukti laporan yang ke instansi atau OPD maupun pemerintah daerah…”

Kepala Perwakilan Ombudsman Sumsel, M. Adrian Agustiansyah

LINGGAU POS ONLINE – Sekolah rusak dan tak tersentuh bantuan pemerintah bisa lapor ke Ombudsman. Terlebih jika sudah beberapa kali mengajukan perbaikan, namun tak segera dapat bantuan, maka Ombudsman siap ‘bergerak’ untuk membantu.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan Ombudsman Sumsel, M. Adrian Agustiansyah kepada Linggau Pos, Jumat (13/9).
Sebagai Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Adrian mengatakan selalu dengan tangan terbuka ia siap menerima laporan dari masyarakat.

“Mekanisme melaporkannya mudah saja. Cukup kirim informasinya via whatsapp saya. Disertakan foto copy KTP, dan bukti laporan yang ke instansi atau OPD maupun pemerintah daerah. Misal sudah dua kali mengusulkan belum ada bantuan juga, silahkan dilampirkan dalam laporan pada kami. Nanti akan kami ferivikasi langsung ke instansi yang bersangkutan, “ jelas Adrian.
Bahkan, kata dia, sekolah swasta yang merasa selama ini tidak ‘ditoleh’ oleh pemerintah pun bisa melapor ke Ombudsman.

“Karena pemerintah punya kewajiban untuk membangun sarana pendidikan, negeri maupun swasta. Jadi kalau tidak ditoleh atau tidak pernah dapat bantuan dari pemerintah, bisa lapor ke kami juga,” himbaunya.
Pun dengan warga yang mengeluhkan jembatan rusak, bertahun-tahun tak segera diperbaiki atau dibangun pemerintah daerah, maka ia sarankan untuk dilaporkan ke Ombudsman.
“Biasanya setelah dilaporkan ke kami, maka kami tindaklanjuti, maka akan jadi prioritas OPD maupun pemda untuk membantu segera,” jelasnya.

Laporan Sulis

Rekomendasi Berita