oleh

Sekolah Harus Peka Terhadap Lingkungan

LINGGAU POS ONLINE- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang, Rita Purwaningsih minta pihak sekolah peduli dan tanggap terhadap persoalan lingkungan. Hal ini, untuk mendukung pemerintah mewujudkan Empat Lawang hijau, bersih dan bagus.

Karena menurut Rita, untuk mewujudkan itu butuh dukungan dari semua pihak, termasuk dari pihak sekolah. Jika pihak sekolah sudah lebih peka terhadap lingkungan sekitar, ia yakini bisa contoh pembelajaran kepada siswa mereka selaku generasi bangsa dalam memelihara lingkungan.

“Untuk mewujudkan Empat Lawang yang hijau, bersih dan bagus butuhkan komitmen semua pihak. Apalagi kelestarian lingkungan hidup yang sehat, menjadi kebutuhan kita semua,” jelas Rita saat dibincangi, Jumat (22/11).

Rita menambahkan, lingkungan hidup merupakan persoalan kolektif yang membutuhkan partisipasi semua komponen bangsa untuk menjaga,mengurus dan mengelolanya.

“Pemerintah, tokoh masyarakat dan komponen lainnya harus memiliki kesadaran penuh terhadap lingkungan hidup. Ini yang kita tekankan ke semua tenaga pendidik kita saat ini,” ajaknya.

Untuk melestarikan lingkungan hidup, harus ada upaya membudayakan cinta terhadap lingkungan.

“Sekolah atau instansi pendidikan harus menanamkan nilai-nilai budaya cinta terhadap lingkungan kepada anak-anak didik,” tegasnya.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita