oleh

Sekolah Gratis untuk Anak Kurang Mampu

LUBUKLINGGAU – Lebih kurang 12.000 siswa kurang mampu akan mendapat bantuan sekolah gratis dari Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau 2019 nanti.

“Ya, yang dibantu ini anak dari keluarga miskin yang orang tuanya berdomisili di Kota Lubuklinggau. Datanya kami ambil dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Lubuklinggau. Jadi patokannya bukan surat keterangan tidak mampu dari lurah,” tegas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau, Dr H Tamri, MM, Sabtu (22/12).

Berdasar data dari Dinsos Kota Lubuklinggau itu, baru akan divisitasi langsung ke rumah calon penerima bantuan oleh tim dari Disdikbud Kota Lubuklinggau dibantu sekolah.

“Kami harus melakukan peninjauan langsung, agar bantuan ini tidak salah sasaran. Kami juga minta informasi dari sekolah, karena sekolah biasanya lebih tahu kondisi siswa-siswinya di sekolah,” tegas Tamri.

Bantuan yang diberikan, diutamakan seragam terlebih. Satu siswa misalkan SMP, akan dapat seragam putih biru, pramuka, bahkan olahraga.

Dan siswa yang dapat bantuan ini, diutamakan kelas awal. Kalau SD, kelas I. Sementara kalau SMP, kelas VII.

“Dalam waktu dekat nanti akan disosialisasikan tentang Program Sekolah Gratis ini,” tutur Tamri, kemarin.

Mengenai kapan realisasinya? Tamri belum bisa memastikan.

“Kalau anggarannya siap, langsung realisasikan. Apalagi untuk pengadaan seragam, harus dilelang dulu,” jelas dia.

****

Selain seragam gratis, Disdikbud Kota Lubuklinggau juga sedang proses pendataan mahasiswa penerima beasiswa, baik S1, S2 dan S3.

“Pun dengan beasiswa, sifatnya bantuan untuk membayar SPP. Diutamakan yang kurang mampu, dan memiliki prestasi akademik yang dibuktikan dengan transkip nilai. Diutamakan mahasiswa semester I. Selain itu, program studi tempat mahasiswa belajar ini harus sudah terakreditasi A,” jelas dia.

Persyaratan paling penting lagi, imbuh Tamri, orang tua harus berdomisili di Kota Lubuklinggau. Hal ini dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

“Saat ini, kami sudah menetapkan kuota. Untuk beasiswa S1-nya 70 orang, S2 30 orang dan S3 10 orang. Mereka yang bakal dapat bantuan SPP dari Pemkot Lubuklinggau ini, harus yang belum mendapat beasiswa dari instansi lain. Dibuktikan dengan surat keterangan dari Prodi maupun Fakultas,” imbuhnya.

Tamri menambahkan, program sekolah dan beasiswa untuk mahasiswa ini diberikan Pemkot Lubuklinggau untuk membantu masyarakat kurang mampu agar tetap bisa mengenyam pendidikan. Sekaligus upaya Pemkot Lubuklinggau meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Sekretaris Disdikbud Kota Lubuklinggau, Dr H Rudi Erwandi menerangkan, kriteria penerima bantuan sekolah maupun beasiswa ini akan ditetapkan dalam Peraturan Walikota (Perwal) terlebih dahulu. (lik)

Berita Terkait : Anggarkan Rp3,6 Miliar, Tunggu Sosialisasi, Warga Minta Dibuatkan Surat Keterangan Tidak Mampu

Rekomendasi Berita