oleh

Sekolah Gratis untuk Anak Kurang Mampu

Kepala Disdikbud Kota Lubuklinggau, Dr H Tamri
“Mulai tahun ajaran 2019/2020 sekitar 6.000-an siswa akan dibantu melalui program sekolah gratis ini..”

LUBUKLINGGAU – Guna mencegah anak putus sekolah, Pemerintah Kota Lubuklinggau akan merealisasikan program sekolah gratis untuk murid SD, SMP dan SMA sederajat. Rencananya, realisasi program ini akan mulai dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau awal tahun ajaran 2019/2020.

Kepala Disdikbud Kota Lubuklinggau, Dr H Tamri membenarkan hal tersebut. Sasaran program sekolah gratis ini adalah siswa-siswi yang berasal dari keluarga kurang mampu. Pemerintah tidak hanya membantu dari segi pengadaan seragam, namun juga akan diberikan sepatu dan tas.

“Jadi kalau selama ini program sekolah gratis kan, siswa-siswi tidak dibebani iuran SPP bulanan. Kadang masih ada juga yang putus sekolah, karena nggak kuat beli tas, seragam dan masih banyak lagi. Maka, mulai tahun ajaran 2019/2020 sekitar 6.000-an siswa akan dibantu melalui program sekolah gratis ini,” terang H Tamri, Kamis (24/1).

Untuk tahap pertama, kata H Tamri, Sekolah Gratis untuk siswa kelas I SD, VII SMP dan X SMA sederajat.

“Kalau sudah terima beasiswa yang lain ya tidak dapat ini. Jadi yang dapat bantuan ini, murni yang belum dapat bantuan apa-apa,” jelas dia.

Untuk mendapatkan data yang valid 6.000 siswa tersebut, Disdikbud bekerja sama dengan sekolah-sekolah. Bahkan, nanti akan diverifikasi juga, agar program sekolah gratis benar-benar tepat sasaran untuk anak-anak dari kalangan kurang mampu.(lik)

Rekomendasi Berita