oleh

Sekolah Gratis Mulai Tahun Ajaran 2019

LUBUKLINGGAU – Program Sekolah Gratis yang akan dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, mulai tahun ajaran 2019/2020. Sasarannya peserta didik baru kelas 1 SD, VII SMP, dan X SMA/SMK sederajat.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau, Dr H Tamri kepada Linggau Pos, Rabu (16/1).

“Dana yang ada masih terbatas, makanya kuota realisasi Program Sekolah Gratis tahap pertama, 6.000 lebih. Sekolah gratis hanya untuk anak-anak tidak mampu Tingkat SD sampai SMA, dengan pemberian seragam, tas, serta sepatu untuk siswa baru tahun ajaran 2019/2020,” papar Tamri.

Untuk memastikan Program Sekolah Gratis tepat sasaran, Disdik menghimpun data dari kepala sekolah yang disinkronkan dengan Dinas Sosial (Dinsos).

“Teman-teman dari Dinsos yang akan turun langsung ke sekolah masing-masing. Ini mengantisipasi, agar program Pemkot Lubuklinggau ini benar-benar tepat sasaran untuk membantu warga Kota Lubuklinggau yang miskin. Sehingga mereka tetap bisa bersekolah,” jelas Tamri.

Hal sama juga akan dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) tahun 2019 ini tetap menganggarkan sekolah gratis.

Plt Kepala Disdik Kabupaten Musi Rawas, Irwan Evendi melalui Kabid Disdik Mura, Hartoyo mengatakan mengenai anggaran sekolah gratis pihaknya tetap menganggarkan walaupun tidak sepenuhnya.

“Kalau besaran anggarannya saya belum tahu, karena di sini ada bagiannya masing-masing,” kata Hartoyo.

Sementara Kepala Disdik Kabupaten Muratara, Ratnawati pun demikian. Pihaknya telah menganggarkan program sekolah gratis 2019.

“Program sekolah gratis tetap kami anggarkan, namun sampai saat ini belum disalurkan dikarenakan hal tersebut harus berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub). Sampai kini, Peraturan Gubernur Sekolah Gratis belum diterbitkan,” jelasnya. (adi/cw3/dlt)

Rekomendasi Berita