oleh

Sekda Minta Pegawai Disiplin

MURATARA – Sekretaris Daerah (Sekda) Musi Rawas Utara (Muratara), Alwi Roham minta Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara meningkatkan disiplin dalam bekerja.

“Kami menilai disiplin bekerja PNS Pemkab Muratara sudah mulai menurun. Jadi diminta agar para pegawai kembali tingkatkan semangat dan disiplin dalam menjalankan kewajiban,” jelasnya, Senin (8/7).

Disiplin yang dimaksud tambah Sekda, disiplin dalam hal jam kerja. Selama ini sudah ada laporan, adanya PNS yang sering datang terlambat dan pulang kerja sebelum waktunya.

“Kita ada hak dan kewajiban, hak kita gaji selalu dipenuhi. Jadi mulailah untuk melakukan kewajiban dengan baik dan benar, ikhlas dalam bekerja dan mari contoh kan hal yang baik dari diri kita selaku pelayan masyarakat. Jangan contohkan tindakan yang kurang terpuji,” tambahnya.

Dilanjutkannya, dalam upaya meningkat disiplin pegawai, ia berharap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat membina PNS di lingkungan OPD-nya masing-masing, karena tugas membina bukan hanya harus dilakukan Bupati dan Sekda saja.

“Kami tekankan agar Kepala OPD untuk berperan aktif dalam memberikan pembinaan kepada PNS di OPD yang mereka pimpin. Kasubag Kepegawaian setiap OPD harus diaktifkan dalam meningkatkan disiplin pegawai,” lanjutnya.

Saat disinggung mengenai alasan pegawai yang sering terlambat dengan alasan rumahnya jauh dari kantor. Ia mengatakan alasan tersebut klasik karena saat ini dalam meningkatkan disiplin pegawai pemerintah sudah menyediakan bus transportasi bagi pegawai.

“Tidak ada alasan lagi, bus kita ada dari Kota Lubuklinggau, jadi gak ada alasan terlambat karena rumah jauh dari kantor,” tegasnya.

Jikalau untuk sangsi keterlambatan, tegasnya pihaknya dalam waktu dekat akan melaksanakan rapat bersama Kepala OPD untuk menentukan sanksi bagi PNS yang membandel dan indisipliner.

“Namun kami upayakan untuk membina terlebih dahulu dalam menumbuhkan disiplin dari pegawai,” tambahnya. (fji)

Rekomendasi Berita