oleh

Sekarang Robby Sudah Pergi, Semua Tinggal Kenangan

Cerita Para Sahabat Mengingat Sosok Rocky Tumewu

Dunia hiburan dan fesyen Indonesia tengah berduka. Aktor sekaligus desainer kawakan Robby Tumewu meninggal dunia setelah koma akibat stroke, Senin (14/1) pukul 00.05 WIB. Aktor Lenong Rumpi ini menghembuskan nafas terakhirnya di usia 65 tahun.

ANDI MARDANA- Jakarta

Kepribadian Robby Tumewu punya dua sisi yang menarik. Selain sebagai, seoranga aktor ia juga desainer kondang. Daftar film dan desain fesyen pun sudah tak terhitung. Akhir tahun 1973, menjadi langkah awal Robby menapakkan kakinya di dunia tata busana. Robby yang kala itu berusia 20 tahun mendirikan kelompok desainer yang dinama Aranea. Kelompok ini sempat top lewat fashion show di bilangan Kota Bandung. Dari sana ia mulai dikenal sebagai perancang kondang dan mulai hijrah ke Jakarta.

Karir Robby Tumewu di dunia perfilman terbilang telat. Ia mulai melakukan debut pertamanya di film Lenong Rumpi saat berusia 38 tahun. Film yang disutradarai Yazman Yazin menembus pasaran hingga 243 ribu penonton dan membuat nama Robby melambung sebagai komedian hingga akhirnya ia terkena stroke tahun 2013 lalu. Pengobatan dilakukan silih berganti, namun kondisi Robby tak juga pulih.

Sejumlah pelayat memenuhi di Ruang Kenanga, Rumah Duka Oasis, Jalan Gatot Subroto Km 7-8, Jatake, Tangerang. Sekitar pukul 08.00, jenazah Robby Tumewu tiba di rumah duka. Dari informasi keluarga, abu kremasinya akan keluar rumah duka pada Kamis (17/1).

Kabar berpulangnya Robby Tumewu itu pertama kali dikabarkan oleh sahabatnya, Becky Tumewu. Melalui unggahannya di Instagram, Becky mengumumkan bahwa sahabatnya itu telah tiada. Ia mengaku sangat sedih kehilangan sahabat. Kendati demikian Robby Tumewu sudah tidak lagi merasakan sakit yang berkepanjangan.

“Robby sakit sudah lama, sudah tidak usah diceritain lagi bagian sakitnya, dia telah pergi tadi dini hari, pukul 00.05, semua derita dan sakit penyakit sudah diangkat dari Robby, saya tidak pernah akan lupa dengan kebaikan Robby, senyum dan tawa yang selalu beliau bagikan pada orang di sekitarnya,” tulis Becky Tumewu pada akun instagramnya Senin, (14/1).

Menurut Becky, ia punya banyak kenangan manis bersama sahabat lamanya itu dan tidak bisa dilupakan. Robby adalah sosok sahabat yang selalu membawa keceriaan bagi orang di sekitarnya.

“Sekarang Robby sudah pergi, semua tinggal kenangan, tapi Bi, youll always be in my heart, youll always be in so many peoples hearts. Selamat Jalan sayang, Rest In Peace, Rest In Love, Until we meet again, someday,” lanjut Becky.

Di mata Becky, Robby selalu totalitas dalam melakukan seegala hal terutama dalam membuat sebuah karya. Becky menjelaskan, pria yang mulai kariernya di dunia peran sejak 1990 juga sempat menjadi fasilitator di Talkinc.

“Banyak yang tanya masih saudara ya sama Robby Tumewu, sebenarnya sih Robby dan saya juga masih belum jelas saudara nggak ya kita, tapi sudahlah kalau kata orang Manado: torang samua basudara, torang samua orang Indonesia toh, apalagi sama torang pe fam: Tumewu,” ungkap Becky.

Ia menceritakan ketika Robby membantu dirinya di Talkinc untuk berbicara tentang total look. Karena, seperti yang diketahui, Robby adalah sosok desainer kenamaan dan juga seorang aktor senior.

“Beliau adalah fasilitator kelas Total Look yang keren banget, sangat komunikatif dan selalu bawa contoh baju dan bahan, totalitasnya luar biasa, dalam menjalani multi profesinya,” tambah Becky.

Robby terkenal sebagai perancang busana yang kerap membuat desain dengan corak dan bentuk yang unik dan funky. Karya luar biasa Robby sangat dikagumi di dunia fashion. Sebagai sesama desainer, Anne Avantie mengungkapkan beberapa karyanya yang dia persembahkan untuk Robby.

Saat itu, pada 2011, Anne Avantie pernah Menggelar sebuah bakti kasih dan juga ungkapan kepedulian untuk Robby Tumewu. Pada akun instagramnya @anneavantieheart terlihat jelas saat it Anne memberikan sebuah persembahan manis untuk sahabatnya itu.”Selamat jalan sahabat. Hari ini perjalanmu sudah berakhir,” tulis Anne Avantie memberi keterangan pada foto yang diunggahnya Senin, (14/1). (dim/fin/tgr)

Rekomendasi Berita