oleh

Sejak Mei, SMPN 1 Lubuklinggau Terima Siswa Baru

LINGGAUPOS.CO.ID- Sejak Mei 2021, SMPN 1 Lubuklinggau buka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021-2022. Sekolah ini berada di Jalan Garuda Hitam Kelurahan Pasar Permiri Kecamatan Lubuklinggau Barat II Kota Lubuklinggau.

Kepala SMPN 1 Lubuklinggau, Yani Jinawar, M.Pd melalui Wakil Kesiswaan, Dra Miskia mengatakan,”Kami telah melaksanakan sesuai dengan kebijakan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Lubuklinggau dan untuk sistem PPDB ada empat yakni Jalur Zonasi, Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan (Mutasi) Orang Tua dan Jalur Prestasi,”katanya.

Miskia menambahkan kalau kemarin jalur prestasi itu ada dua yakni jalur prestasi akademik dan jalur non akademik, ternyata jalur non akademik dikembalikan lagi ke Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau.

Jadi apabila ada orang tua siswa yang ingin jalur prestasi akademik langsung diarahkan ke Disdik Lubuklinggau jadi kembali seperti awal sehingga kami menunggu dari keputusan Disdik sehingga siswa yang diterima jalur prestasi non akademik maka akan kami terima.

“Untuk jalur prestasi akademik kami yang menyeleksi untuk sekolah-sekolah yang berdekatan, diberi kesempatan kepada siswa yang prestasinya rangking satu, rangking dua dan apabila rangking satunya tidak ada maka rangking duanya yang naik,”ungkapnya.

Miskia menjelaskan untuk jadwal kegiatan PPDB yakni pengumuman pendaftaran calon peserta didik baru mulai minggu pertama bulan Mei 2021, pengumuman kelulusan SMP yakni 4 Juni 2021, pengumuman kelulusan SD yakni 15 Juni 2021.

Pendaftaran jalur prestasi akademik ditentukan pihak sekolah, pendaftaran jalur prestasi non akademik 7 hingga 18 Juni 2021, pengumuman jalur prestasi akademik dan non akademik 19 Juni 2021.

Masa pendaftaran siswa baru 5 hingga 7 Juli 2021, pengesahan siswa baru di satuan pendidikan 8 Juli 2021, pengumuman siswa diterima atau ditolak 8 Juli 2021, pendaftaran ulang siswa yang diterima 10 hingga 12 Juli 2021, pengesahan siswa yang telah daftar ulang 12 Juli 2021 dan batas akhir pengesahan siswa sekolah swasta akhir Agustus 2021.

“Untuk wilayah Jalur Zonasi SMPN 1 Lubuklinggau yakni Pasar Permiri, Jawa Kanan SS, Keputraan, Bandung Kanan, Lubuklinggau Ilir, Lubuklinggau Ulu, Bandung Kiri, Jawa Kanan dan Sukajadi,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk syarat pendaftaran jalur zonasi yakni fotocopy akta kelahiran, fotocopy KTP orang tua, kartu keluarga asli, pas foto terbaru ukuran 3×4, surat tanda kelulusan atau surat keterangan sudah mengikuti ujian sekolah (USBK), foto rumah dan keluarga (orang tua dan anak), kartu pra sejahtera/KIP/PKH (bagi yang memiliki), Map dan pendaftaran dilakukan secara online (situs SMP Negeri 1 Lubuklinggau).

“Harapannya kami rindu dengan tatap muka bersama anak-anak, kami juga senang walaupun sistem pembelajaran tatap mukanya dengan terbatas,” harapnya.(*)

Rekomendasi Berita