oleh

Sejak Kecil Bercita-cita Menjadi Polisi

Mengenal Lebih Dekat Brigadir Andy Pratama

Menjadi anggota kepolisian tentunya mempunyai alasan tersendiri serta saat menjalankan tugas sering mendapatkan permasalahan. Itulah juga dirasakan oleh, Brigadir Andy Pratama yang bertugas di Unit Laka di Satuan Lalulintas Polres Lubuklinggau. Apa itu?

Laporan Joko Pratama, Dempo

Brigadir Andy Pratama mengatakan bahwa dirinya saat ini sebagai anggota Polres Lubuklinggau di bagian Unit Lakalantas. Dirinya mengaku, bahwa hampir 11 tahun 6 bulan menjadi anggota polisi.

“Aku sekitar 11 tahun 6 bulan jadi polisi, tetapi walaupun hampir 12 tahun aku merasa senang mengabdi sebagai anggota polisi,” kata Andy Pratama, Rabu (22/11).

Andy sapaannya menjelaskan, sebelum bertugas di Polres Lubuklinggau dirinya pernah bertugas di Polres Banyuasin di bagian Lalulintas dan pernah juga bertugas di Polsek Padang bagian PS Kasiun lebih kurang lima tahun.

“Hingga akhirnya, dirinya ditugaskan di Polres Lubuklinggau pada tahun 2011 lalu dengan jabatan sebagai Kasi Propas selama tahun dengan pangkat sebagai Briptu,” jelas Andy.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selanjutnya kepangkatannya naik menjadi Brigadir mengemban tugas sebagai Intel Polres Lubuklinggau, sekaligus menjadi ajudan Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar lebih kurang satu tahun enam bulan.

“Saat ini, menjadi penyidik pembantu Unit Lakalantas hingga sekarang di Mapolres Lubuklinggau,” ucap pria berseragam coklat ini.

Brigadir Andy memaparkan, dirinya lahir di Palembang 15 Mei 1988 lalu. Bersekolah di SD Negeri 632 Palembang, SMP Negeri 11 Palembang, SMA Methodis 1 Palembang, kemudian masuk SPM Diktuba Polri 2001 gelombang enam.

Kemudian mengambil S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda (STIHSPA) Palembang dan S2 di Universitas Negeri Bengkulu Bagian Hukum dan pernah mendapatkan sertifikasi penyidik Lakalantas di SETPOM.

“Alhamdulillah, mempunyai dua orang anak, Raisyah Fadiyah Safika Pratama (6) saat ini bersekolah di SD 16 Lubuklinggau kelas 2, lalu anak kedua, M Rizky Aditya Pratama (5) bersekolah PAUD Az-Zaria,” ungkap suami Feby Astri Elfiani.

Lebih lanjut ia memaparkan, dirinya beralamat di Jalan H Makmur, RT 07, Perumahan Lematang Enim, Blok C No, Kelurahan Muara Enim, Kecamatan Lubuklinggau Barat II.

Andy mengatakan selama menjadi anggota polisi senang bisa membantu dan melayani masyarakat. Memang sebagai aparat penegak hukum di Unit Laka sering menghadapi berbagai masalah. Salah satunya yakni sulit mencari informasi kepada masyarakat untuk menjadi saksi saat terjadi kecelakaan lalu lintas karena takut.

“Namun walaupun demikian ini dijadikan tantangan sekaligus motivasi untuk bekerja lebih baik. Selain itu, saat ini saya juga sebagai Dosen mata Pelajaran Kewarganegaraan di STMIK Lubuklinggau,” tutupnya.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita