oleh

Sejak Dini, Terpupuk Kesalehan Sosial

Pendidikan Karakter di TK Kartika Kodim 0406

Taman Kanak-kanak (TK) Kartika 11.40 Kodim 0406 fokus pada pembinaan karakter anak. Hal itu dilakukan untuk mencapai visi mewujudkan anak yang sehat jasmani rohani, cerdas, kreatif, beriman dan bertaqwa. Lalu bagaimana prosesnya?

Laporan Qori Musdhalifah, Lubuk Tanjung

UNTUK mewujudkan visi tersebut, TK Kartika 11.40 Kodim 0406 memiliki misi mewujudkan anak yang cerdas dengan pembelajaran pengembangan kognitif.

Menurut Kepala TK Kartika Kodim, Hj Sri Wahyuni untuk mewujudkan anak yang berakhlak, sehari-hari anak dibiasakan mengucapkan salam, menyapa guru dan teman dengan baik, dan tertib saat belajar.

“Sedangkan dalam rangka menumbuhkan sikap sosial kepada anak didik, kita memiliki program, beramal, infaq, saling memberi, saling menghargai baik di dalam TK maupun di luar TK. Untuk mengajarkan anak didik peduli terhadap sesama, yang mana jika infaq sudah terkumpul kita akan mengajak anak-anak berbagi di Panti Jompo dan Panti Asuhan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, sekolah ini juga memiliki kegiatan bidang Keislaman diantaranya praktik salat, mengaji, hafalan surat pendek, doa sehari-hari, dan lainnya. Untuk ekstrakulikuler, TK Kartika memiliki Marching Band yang biasa berpartisipasi pada kegiatan Parade budaya yang diadakan di Kota Lubuklinggau.

“Peserta didik juga diajarkan mewarnai, menari dan menggambar untuk mengikuti kegiatan seni jika akan mengikuti kegiatan di luar. Kegiatan kunjungan edukasi ke tempat wisata, tempat bersejarah dan lainnya,” paparnya.

Saat ini TK Kartika Kodim memiliki 47 anak didik dengan jumlah lima orang guru yang semuanya berijazah Strata Satu (S-1). (*)

Rekomendasi Berita