oleh

Sejak 1 Januari 2021, Pelayanan 3 in 1 Pengurusan Dokumen Kependudukan

-Muratara-260 dibaca

LINGGAUPOS.CO.ID – Inovasi pelayanan 3 in 1 yang bertujuan mepermudah masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan di Musi Rawas Utara (Muratara) , telah dimulai sejak 1 Januari 2021 oleh Disdukcapil Kabupaten Muratara.

Pelayanan 3 in 1 itu, meliputi Akte Kelahiran, Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Disdukcapil Muratara, Aan  Andrian melalui Kabid Pengelolaan Administrasi Kependudukan, Syukur mengatakan, inovasi pelayanan 3 in 1 tersebut untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Dalam penerapan pelayanan 3 in 1 itu, bagi masyarakat yang hendak mengurus akte kelahiran anaknya, itu langsung mendapatkan dua dokumen kependudukan lainya seperti percetakan Kartu Keluar (KK) baru dan KIA sang anak.

Selain mempermudah masyarakat dalam kepengurusan, inovasi pelayan itu juga adalah untuk mengefesiensi dan efektifitas pelayanan bagi staf  Disdukcapil dalam penerbitan dokumen kependudukan, sambungnya.

“Jadi bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan anaknya seperti akta kelahiran, nantinya cukup dengan membawa surat keterangan lahir, KK asli, Buku Nikah dan kalau ada juga surat pengantar dari pemerintah setempat, itu nantinya sudah mendapatkan 3 dokumen kependudukan tersebut,” ungkapnya.

Dijelaskan Syukur, dalam kepengurusan dokumen tersebut, kalau kondisi sistem dalam keadaan stabil atau tidak gangunan, masayarakat bisa menunggu proses penerbitan dokumen-dokumen kependudukan itu, karena dalam pencetakannya juga tidak sampai satu jam dan itu tidak dipungut biaya.

“Kepada masyarakat Muratara dihimbau bagi buah hatinya yang belum memiliki KIA segera lakukan pengurusan, karena kedepan syarat masuk TK itu harus ada KIA,” himbaunya.(*)

Rekomendasi Berita