oleh

Sehari, Indonesia Dulang 15 Emas

LINGGAU POS ONLINE – Indonesia masih menduduki peringkat kedua perolehan medali SEA Games 2019, setelah tuan rumah Filipina. Sejak Minggu (8/12) pagi, sebanyak 15 kali lagu Indonesia Raya diperdengarkan, menandai emas yang diraih.

Cabang olahraga yang mendulang emas kemarin adalah dikemas dari cabang olahraga tembak, Perahu Naga, dayung, panahan, Bowling, selancar, ski air, dan catur. Raihan kemarin menambah pundi-pundi medali untuk Indonesia menjadi 66 emas, ditambah 61 perak dan 77 perunggu, hingga totalnya menjadi 203 medali.

Target emas ini melewati ekspektasi Presiden Joko Widodo yang meminta para atley mendulang 60 keping medali emas. Permintaan itu disampaikan presiden di depan Tim Merah Putih sebelum berangkat.

“Saya minta di SEA Games ke-30 di Filipina tahun ini kita harus masuk peringkat 2 besar,” kata Presiden Jokowi saat melepas 841 atlet Indonesia yang akan berpartisipasi dalam gelaran SEA Games Filipina, Rabu (27/11) lalu.

Dilansir dari laman resmi SEA Games 2019, medali perunggu menjadi yang terakhir yang direbut Indonesia. Dilansir pukul 21.00 WIB, medali direbut atlet karate Rizky Prasetyo dari cabang Taekwondo kelas 87 Kg.

Sementara emas pertama Indonesia hari ini disumbangkan cabang olahraga menembak dari nomor mixed metallic silhouttte air rifle. Medali diraih Petembak Indonesia Ahmad Rifqi Mukhlisin mengalahkan rekan senegara, Hadika Aubrey Sarendriya yang mendapat perak.

Dilansir dari siaran resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), peluang Indonesia meraih emas masih terbuka lebar. Cabor favorit seperti bulu tangkis dan sepakbola pun masih ada peluang menang emas kali ini.

“Alhamdulilah (emas) melebihi target dari harapan bapak Presiden Joko Widodo. Perjuangan para atlet sungguh luar biasa,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali.

Bagi Zainudin, dirinya optimistis emas Indonesia bisa menembus ke angka 70. Pasalnya, masih ada beberapa cabor yang bisa mendulang emas.

“Jadi tinggal empat lagi jadi 70. Apalagi masih ada potensi dari sepakbola dan bulu tangkis, saya percaya para atlet bisa meraihnya,” pungkasnya. (*)

Sumber: Fajar Indonesia Network (FIN)

Rekomendasi Berita