oleh

Segera Usulkan Raperda PLP2B

LINGGAU POS ONLINE, MAJAPAHIT – Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau merencanakan, untuk mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B). Tujuannya, untuk menyelamatkan lahan pertanian, yang beralih fungsi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Subandio Amin didampingi Plt Sekretaris, Arifin saat dibincangi. Menurutnya, Raperda ini sudah layak untuk diusulkan, agar kedepan tidak ada lagi lahan pertanian yang beralih fungsi.

“Ya Insya Allah, akan segera kita usulkan. Minimal tahun 2019,” kata Subandio Amin.

Pihaknya belum mendata secara pasti, sudah berapa lahan pertanian yang beralih fungsi. Namun secara kasat mata ia mengaku tidak bisa dipungkiri, kalau alih fungsi lahan sudah ada, salah satunya di wilayah jalan lingkar selatan.

“Saat ini memang baru sebatas imbauan, kedepan Perda-nya akan kita usulkan,” tegasnya.

Wacana ini tentu mendapat dukungan dari anggota Komisi IV DPR RI, Fauzi Amro yang selama ini memang konsentrasi dalam bidang pertanian, khususnya di Lubuklinggau-Mura-Muratara.

“Ya pastinya kita mendorong wacana ini, untuk segera direalisasikan guna menyelamatkan lahan pertanian di Kota Lubuklinggau yang kita ketahui jumlahnya lebih sedikit, dibandingkan di Musi Rawas maupun Muratara,” jelasnya. (13)

Rekomendasi Berita