oleh

Segera Bagikan 18.000 Kartu JKN KIS

Giat BPJS Kesehatan Empat Lawang

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Empat Lawang berencana membagikan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Laporan Kayan Manggala, Empat Lawang

KEPALA BPJS Kabupaten Empat Lawang, Jery Ardhan, Minggu (6/1) membenarkan hal tersebut.

“Sekarang masih dalam proses cetak 18.000 kartu JKN KIS untuk masyarakat data baru dan akan diserahkan ke Dinas Kesehatan untuk mendistribusikannya ke masyarakat baik melalui puskesmas ataupun kepala desa,” jelasnya.

Nantinya, lanjut Jery, masyarakat yang mendapatkan kartu JKN-KIS tersebut iurannya akan dibiayai Pemda Empat Lawang, dan mengenai jumlah per kecamatan yang akan dibagi. Jery masih belum bisa menjelaskan karena masih belum dibagi per kecamatan.

“Ini masih data global dan memang nanti akan kita bagi per kecamatan jumlah masyarakat yang akan menerima kartu JKN KIS tersebut,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat mengenai pemberitaan sebelumnya yaitu bagi masyarakat yang selama ini menggunakan Jaminan Sosial Kesehatan (Jamsoskes) Semesta Sumsel sudah tidak berlaku lagi sejak 1 Januari 2019 untuk dibawa berobat di Puskesmas.

“Sejak 1 Januari 2019 Jamsoskes tidak berlaku lagi, jadi seandainya ada masyarakat miskin yang sudah terdaftar di 18.000 tadi ingin berobat maka akan tetap dilayani walaupun kartu belum diterima oleh masyarakat tersebut. Bagi masyarakat miskin yang belum terdaftar bisa meminta surat rekomendasi dari Dinas Sosial dan diketahui oleh Dinas Kesehatan agar bisa berobat dan biayanya ditanggung Pemda,” jelasnya.

Jadi dikatakannya, bagi masyarakat yang hendak berobat kartu itu tidak menjadi hambatan asalkan namanya sudah terdaftar di BPJS Kesehatan Kabupaten Empat Lawang.

“Walaupun kartunya saat ini masih dalam proses cetak itu tidak menghambat masyarakat untuk berobat masih akan tetap di layani,”jelasnya. (*)

Rekomendasi Berita