oleh

Sediakan Genset Antisipasi Listrik Padam

Sambut Ramadhan, PDAM-TBS Optimalkan Layanan

Ramadhan 1439 Hijriah tinggal 10 hari lagi, manajemen PDAM Tirta Bukit Sulap (TBS) Kota Lubuklinggau sudah menyiapkan strategi untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggan. Apa saja strateginya?

Laporan Peny Anggraini, Watas Lubuk Durian

Memasuki lingkungan perkantoran PDAM-TBS Kota Lubuklinggau di Jalan Garuda, Kelurahan Watas Lubuk Durian, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, ada sejumlah pekerja tengah sibuk memasang beberapa alat distribusi air di beberapa pojok bangunan. Alat tersebut berjenis Gate Valve IPA 1, yang berfungsi untuk mengatur suplai air bersih.

Direktur PDAM-TBS Kota Lubuklinggau, H Ratna Machmud melakukan pengawasan langsung pengerjaan pemasangan Gate Valve IPA 1. Wanita berkerudung ini mengaku sebagai salah satu upaya PDAM-TBS Kota Lubuklinggau menyambut Ramadhan 1439 Hijriah, agar pelayanan ke pelanggan lebih maksimal.

Ada beberapa program yang sudah dibuat PDAM-TBS Kota Lubuklinggau, diantaranya mengganti Gate Valve IPA 1 sebanyak delapan unit. Perbaikan pompa stand by, penggantian cek valve, pencucian IPA 1, dan menyediakan genset.

Hj Ratna Machmud saat saya temui mengenakan kemeja putih dipadu celana dasar hitam, dan jilbab putih dengan motif bunga Lili ini mengaku selaian penggantian sarana dan prasarana di intake induk. Pihaknya juga melakukan penggantian Gate Valve IPA 1, di Unit Pelayanan Kecamatan (UPK). Seperti UPK Jukung, Petanang, dan Lubuk Kupang.

“Alat yang berpotensi rusak sudah kita ganti dengan baru, baik pipa, maupun mesin pompa. Genset kita siapkan kalau listrik padam, semoga saja kedepan alam juga bersahabat sehingga suplai tetap lancar,” harap Ratna Machmud.

Sumber air PDAM-TBS Kota Lubuklinggau berasal dari, Sungai Kelingi dengan kapasitas 80 liter/detik, Sungai Kasie 80 liter/detik, dan mata air Sungai Apur 20 liter/detik. Dengan 16 ribu pelanggan aktif, dan 3.000 pelanggan tidak aktif.

Ratna Machmud mengimbau pelanggan PDAM-TBS Kota Lubuklinggau juga tahu akan kewajibannya, dengan membayar tagihan tepat waktu. PDAM-TBS Kota Lubuklinggau akan terus melakukan penertiban pelanggan yang menunggak.

Sebelum ditertibkan tentunya akan dilakukan peringatan hingga tiga kali. Selain itu, PDAM-TBS Kota Lubuklinggau akan memberikan keringanan jika pelanggan masih berniat untuk membayar tunggakan.(*)

Rekomendasi Berita