Sebut Suasana Kondusif, Jatanras Polda Sumsel Siap Amankan Jalinsum Muratara

LINGGAUPOS.CO.ID- Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel siap diturunkan untuk mengantisipasi apabila ada aksi lanjutan setelah aksi unjuk rasa warga dengan memblokade Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Senin (17/5/2021) malam.

“Saat ini situasi kondusif,” kata Kasubdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel, Kompol Christoper Panjaitan, saat dikonfirmasi, Selasa (18/5/2021) siang.

Namun demikian, mantan Wakapolres OKU ini menegaskan, pihaknya sudah siap menurunkan tim untuk mem-backup unjuk rasa yang terjadi di Desa Karang Anyar, Desa Batu Gajah Baru dan Desa Maur Baru, Muratara.

“Kita akan mem-backup dan tim sudah siap kita turunkan untuk mengantisipasi aksi lanjutan,” tegas Christoper.

Christoper memastikan kejadian itu bermula karena warga setempat tidak terima dengan peraturan daerah yang menetapkan larangan pesta malam.

“Ya, warga tidak terima dengan larangan itu. Dan warga sampai bakar ban dan menutupi jalan lintas,” terangnya.

Bersama dengan pemerintah daerah setempat, sejak Senin (17/5/2021) malam sudah melakukan mediasi dengan warga.

“Sekitar pukul 11 siang tadi pihak kepolisian dari Polres Muratara dan Pemerintah Setempat sudah melakukan mediasi. Untuk sekarang ini situasi disana sudah kondusif,” ungkapnya.

Namun, sambung dia, tidak menutup kemungkinan apabila terjadi aksi lanjutan, pihaknya siap turun. “Kita selalu siap kapan saja dibutuhkan untuk backup penuh,” tutupnya.

Seperti diketahui, penolakan penerapan Perda pelarangan pesta malam oleh warga Desa Karang Anyar, Kecamatan Rupit, Muratara memasang portal jalan lintas Sumatera (Jalinsum).

Insident itu berlangsung Selasa (17/5), sekitar pukul 18.00 WIB. Warga mengaku Pesta malam sudah menjadi trend budaya lintas generasi yang berlangsung secara turun temurun di Muratara.

Sejumlah warga melakukan aksi portal Jalinsum persisnya di Desa Karang Anyar, menggunakan cara membakar ban bekas di tengah jalan. Mereka tidak memperbolehkan pengguna jalan melintas. Dampaknya, akses sepanjang Jalinsum Muratara macet panjang dengan jarak sekitar 500 meter.(*)

Sumber: sumeks.co

Rekomendasi Berita