oleh

Sebulan Sekali Kunjungi Keluarga Kurang Mampu

UPTD Puskesmas Sidorejo Rutin Adakan Baksos

Ternyata tidak hanya berperan membantu masyarakat dalam hal kesehatan, Puskesmas Sidorejo juga aktif dalam kegiatan Bakti Sosial (Baksos), yakni memberikan bantuan berupa sembako dan kebutuhan rumah tangga kepada keluarga kurang mampu di sekitar wilayah Puskesmas Sidorejo. Bagaimanakah kegiatan Bakti Sosial (Baksos) ini?

Laporan Qori Musdalifah, Sidorejo

Kepala UPTD Puskesmas Sidorejo, Hj Ratna Dewi,Sy bersama rekan pegawainya di Puskesmas Sidorejo, baru saja melaksanakan Baksos mengunjungi dan bersilaturahmi ke rumah salah satu keluarga kurang mampu di wilayah RT 01, Kelurahan Tapak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Rabu (7/3).

“Dalam kunjungan ini kami memberikan bantuan kepada keluarga Bapak Hudi berupa sembako beras, telur, mi instan dan baju layak pakai beberapa peralatan rumah tangga lainnya. Kegiatan Baksos seperti ini memang dilaksanakan setiap bulannya oleh keluarga besar UPTD Puskesmas Sidorejo,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan Baksos ini dilaksanakan setiap satu kali dalam sebulan, dan khusus mendatangi keluarga-keluarga kurang mampu di sekitaran Puskesmas Sidorejo.

“Karena selain membantu masyarakat dalam hal kesehatan, kita tentunya juga berkewajiban membantu masyarakat kurang mampu sesuai dengan kemampuan kita. Dan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita dan sebagai sarana untuk menambah rasa kepedulian kita terhadap sesama,” ujarnya.

Ratna juga menjelaskan bantuan yang diberikan kepada keluarga kurang mampu ini berasal dari sumbangan sukarela dari seluruh karyawan dan staf Puskesmas Sidorejo tiap bulannya sebagai Tabarat (Tabungan di Kahirat). Di mana setiap staf dan pegawai mengumpulkan bantuan berupa sembako, baju layak pakai, barang-barang rumah tangga yang masih berfungsi, bahkan uang seikhlasnya. Baru kemudian diberikan kepada yang membutuhkan.

“Pengumpulan bantuan ini kami laksanakan setiap awal bulan. Jika banyak bantuan yang terkumpul, dalam satu bulan kita bisa mengunjungi 2-3 keluarga kurang mampu,” ungkapnya.

“Saya berharap semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut, semua staf dan karyawan Puskesmas Sidorejo terus semangat dalam hal kepeduliannya terhadap sesama dan terus semangat meningkatkan kinerjanya di Puskesmas Sidorejo. Serta apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat untuk keluarga-keluarga kurang mampu yang membutuhkan dan bisa menjadi tabungan amal untuk di akhirat,” harapnya. (*)

Rekomendasi Berita