oleh

Sebelumnya, PDIP Sudah Pasangkan H Hendra Gunawan dengan H Mulyana, ini Alasannya

LINGGAUPOS.CO.ID – Sebelum H Hendra Gunawan memastikan pasangan dalam Pilkada Musi Rawas, PDIP sudah merekomendasikan H Mulyana sebagai bakal calon Wakil Bupati.

Hal ini terlihat dalam kegiatan, Bulan Bung Karno, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Musi Rawas, Minggu (21/6/2020).

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula KSP RIAS, Kelurahan P2 Purwodadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas, yang dihadiri langsung Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan H Giri Ramanda Kiemas.

Saat itu, H Giri Ramanda Kiemas menjelaskan berkaitan dengan Pilkada Musi Rawas, PDI Perjuangan sebagai parpol pemenang Pemilu 2019 di Kabupaten Musi Rawas, setelah melalui tahap menjaringan dan seleksi bakal calon, sampai Juni 2020.

Kemudian telah mengusulkan ke DPP PDI Perjuangan nama-nama bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas melalui DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan, atas hasil penjaringan yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Musi Rawas.

Hasilnya, bakal calon Bupati Musi Rawas yang akan diusung sebagai Calon Bupati Musi Rawas melaui PDI Perjuangan, yaitu Bupati Petahana H Hendra Gunawan.

Berdasarkan arahan dari Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan, atas kajian mendalam serta analisis komprehensif, maka setelah melalui komunikasi yang intens dengan figur bakal calon Wakil Bupati Musi Rawas yang akan mendampingi calon Bupati Petahana pada Pilkada Musi Rawas 2020, diusulkan seorang figur yang memenuhi kriteria yaitu kader simpatisan PDI Perjuangan dari kalangan birokrasi Kabupaten Musi Rawas etnis Jawa dan memiliki basis dukungan yang jelas.

Maka figur bakal calon Wakil Bupati yang memenuhi syarat-syarat untuk Pilkada Kabupaten Musi Rawas 2020 yang akan mendampingi H. Hendra Gunawan adalah H. Mulyana, M.Pd. Figur ini dipilih dengan beberapa alasan.

Pertama, H Mulyana, M.Pd. yang berusia 56 tahun, memasuki masa pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas. Kemudian selama karir di ASN, dimulai dari guru dan kepala sekolah dasar, sampai sekarang menjadi penilik sekolah, ia merupakan birokrasi yang bersih tanpa kasus.

Kemudian, sebagai ASN, H. Mulyana, M.Pd. menjabat sebagai pendiri dan Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rias di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Yang sampai sekarang memiliki anggota 11.000 dengan 6.000 anggota aktif yang tersebar di 14 kecamatan dalam Musi Rawas.

Sampai pada 2004 melalui KSP Rias yang dipimpinnya, berkesempatan menerima bantuan modal Rp 1 milyar dari alm. H. Taufik Kiemas dan bertemu dengan putri Bung Karno yang saat itu menjabat Presiden Republik Indonesia, Hj. Megawati Soekarno Putri.

Kegiatan keagamaan terasa kental di keluarga H. Mulyana, M.Pd. dengan aktif di setiap pengajian Nahdiyin. Sekarang beliau tengah membangun pondok pesantren KH Hasyim Asy’ari dengan mewakafkan tanah seluas 1 hektar.  Pada tanggal 21 Juni 2020 lalu bertepatan dengan HUT Presiden Jokowi serta acara Bakti Sosial Bulan Bung Karno, telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan ponpes.

Jejak langkah Presiden Jokowi dari Walikota Solo sampai Presiden Republik Indoesia juga menjadi inspirasi H. Mulyana, M.Pd., sehingga pada bulan Bung Karno, bertepatan dengan HUT Presiden Jokowi beliau membagikan 1.000 paket sembako dan perlengkapan murid SD sebagai bentuk emphati kepada masyarakat terdampak di masa pandemi Covid-19.

Pemeliharaan basis keluarga, komunitas dan KSP Rias menjadi aset dukungan suara pada setiap Pemilu, baik Pileg, Pilpres dan Pilkada untuk kandidat dari PDI Perjuangan. Pada setiap Pemilu Legislatif, dukungan suara dari basis beliau diarahkan kepada calon legislatif dari PDI Perjuangan, baik tingkat nasional maupun lokal.

Bahkan Secara konsisten H. Mulyana, M.Pd. menjadi tim keluarga calon legislatif DPR RI, yaitu alm. H. Nazaruddin Kiemas sejak 2004 sampai 2019, tim keluarga untuk Pilgub Sumsel 2018 paslon Dodi – Giri dan tim keluarga caleg DPRD Kabupaten Musi Rawas Pileg 2014 (Yudi Fratama) dan Pileg 2019 (Devi Aryani), keduanya sekarang di DPRD Musi Rawas Periode 2019 – 2024.

Serta menjelang memasuki masa pensiun selaku ASN, H. Mulyana, M.Pd. telah bertekad bulat lebur dalam perjuangan kaum marhaenis dengan masuk menjadi anggota PDI Perjuangan, dan siap mengemban amanat dari PDI Perjuangan untuk diusung sebagai Calon Wakil Bupati Musi Rawas pada Pilkada 9 Desember 2020 berpasangan dengan Calon Bupati Petahana H. Hendra Gunawan.(*)

Rekomendasi Berita