oleh

Sebarkan Stiker Program Bantuan Hukum Gratis

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Meskipun keterbatasan anggaran, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Kabupaten Musi Rawas, Abdul Latif melalui Kasubag Dokumentasi dan Informasi Hukum, Wahyu menegaskan, pihaknya di tahun 2018 akan lebih gencar melakukan sosialisasi mengenai program pemberian bantuan hukum gratis.

Untuk itu, upaya yang efektif namun lebih efisien seperti membuatkan stiker pemberitahuan untuk setiap desa yang mereka pilih.

“Kalau mau sosialisasi di setiap desa, anggaran kita terbatas. Makanya kita upayakan, dengan membagikan stiker. Sosialisasi tetap kita lakukan, tetapi tidak bisa menyeluruh. Hanya mewakili untuk masing-masing Kecamatan,” jelasnya.

Sementara lanjut Wahyu, sosialisasi harus gencar mereka laksanakan.

“Karena pengalaman kita tahun 2017, semua pengajuan yang masuk, mereka yang perkaranya sudah masuk pengadilan atau melalui jalur  litigasi atau penyelesaian masalah hukum melalui jalur pengadilan. Sementara yang kita bantu tidak hanya melalui jalur ini. Kita juga siap mendampingi, mereka yang memilih jalur non litigasi. 15 pengajuan yang masuk di tahun 2017, semua jalur litigasi. Bahkan ada beberapa yang hampir putusan di pengadilan, baru tahu kalau pemerintah ada program ini,” jelasnya.

Kedepan, pihaknya berharap agar semua masyarakat mengetahui adanya program pemberian bantuan hukum gratis.

“Kita berharap, masyarakat di setiap desa bisa mengetahui adanya program ini melalui stiker yang kita bagikan. Selain mereka melihat dari spanduk yang kita pasang di setiap kantor Camat,” harapnya.

Terakhir, pihaknya juga terus mengimbau Camat dan Kepala Desa, untuk terus aktif menyosialisasikan program ini ke masyarakat.

“Pastinya, kita terus meminta bantuan Camat dan Kades agar gencar menyosialisasikan program ini ke warga mereka masing-masing,” imbaunya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita