oleh

SDN Pian Raya Tembus 150 Besar

LINGGAU POS ONLINE – SDN Pian Raya kembali mengukir sejarah baik di kancah pendidikan Kabupaten Musi Rawas (Mura). Di ajang Lomba Mutu Sekolah Dasar ke-6 tahun 2019, yang diadakan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Dasar dan Menengah, SDN Pian Raya berhasil lulus proses portofolio dan masuk ke dalam 150 besar.

Lomba ini merupakan ajang bergengsi lomba mutu sekolah, yang memiliki tiga kategori, yakni sekolah 3T, sekolah rujukan, serta sekolah negeri dan swasta. Dibuka pada Maret tahun ini, 2.000 lebih sekolah dasar ikut mendaftarkan sekolah mereka melalui pendaftaran dalam jaringan.

“Setelah masuk 2.000 sekolah, 197 sekolah lulus verifikasi. Setelah itu, disaring lagi menjadi 150 sekolah, setelah peserta mengirimkan portofolio sekolah mereka. Nantinya, akan diperkecil lagi menjadi 120 besar, lalu akhirnya diambil 51 sekolah terpilih, yang akan mengikuti seminar nasional dan pembinaan dari Kementerian Pendidikan,” jelas Drs. Sofyan Alwi, M.Hum, utusan Dirjen Pendidikan Dasar yang melakukan penilaian dan kunjungan di SDN Pian Raya, Jumat (6/9).

Kepala SDN Pian Raya, Mailina sangat senang dengan proses ini. Baginya, kemenangan bukan tujuan utama sekolah dalam mengikutsertakan diri, namun, proses yang menjadi acuan utama sebagai tahap belajar bagi semua pihak sekolah.

Untuk komponen lomba tahun ini, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah menilai lima komponen, yakni manajemen berbasis sekolah, pembelajaran, ekstrakurikuler, perpustakaan, dan unit kesehatan sekolah.

Sofyan mengaku bangga dengan semangat serta keinginan gigih pihak SDN Pian Raya untuk melangkah maju, walaupun dengan segala tantangan yang ada.

Raslim dan Kasno dari Dinas Pendidikan Kabupaten Mura yang juga menghadiri peninjauan ini, mengamini perkataan Kepala Sekolah SDN Pian Raya. Penghargaan proses adalah hal utama yang perlu digaris bawahi.

“Laporan rilis”

 

Rekomendasi Berita