oleh

SDN 134 Kurang Ruang Belajar

CURUP – SDN 134 Rejang Lebong di Kelurahan Kampung Jawa Curup saat ini kekurangan lokal belajar. Akibatnya, beberapa siswa harus belajar menggunakan ruangan guru dan perpustakaan yang ada di sekolahnya.

Kepala SDN 134 Rejang Lebong, Ulfaneri di kantornya, Sabtu (26/1) membenarkan hal itu.

“Untuk kelas 3B belajar di Gedung Perpustakaan dengan jumlah 27 siswa, kemudian untuk kelas 3C sebanyak 25 siswa belajar di ruangan guru,” ungkap Ulfaneri.

Menurut Ulfaneri, banyaknya siswa yang belajar di SDN 134 saat ini berjumlah 486 siswa ini idealnya sekolah harus memiliki lokal belajar sebanyak 18 lokal.

“Saat ini yang kita butuhkan untuk belajar mengajar sebanyak dua lokal, memang ada yang belajar di ruang guru dan perpustakaan sekarang,” katanya.

Ia mengaku, belum menerima informasi Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rejang Lebong apakah akan mendapat tambahan bangunan untuk menambah kekurangan lokal belajar atau tidak pada tahun 2019 ini.

“Kalau dulu kan mengusulkan, kalau sekarang ada Dapodik, jadi dari data Dapodik itu mereka bisa mengetahui mana-mana sekolah yang kekurangan lokal,” akunya.

Masih menurut Ulfaneri, jika mendapat bantuan penambahan pembangunan gedung untuk pembangunan lokal belajar, di sekitar lokasi sekolahnya masih memungkinkan jika akan dibangun.

“Kalau dibangun dua tingkat lagi masih bisa di sini,” tambah Ulfaneri.

Untuk jumlah tenaga pendidik, SDN 134 Rejang Lebong dinilai cukup, hanya saja memang masih membutuhkan 1 orang tenaga pendidik guru agama dan satu orang tenaga guru olahraga.

“Untuk guru olahraga dan agama idealnya ada tiga guru, sekarang baru ada masing-masing dua, jadi butuh satu-satu orang untuk guru agama dan olah raga,” paparnya.

Jumlah guru tambahnya, sudah ada 22 guru PNS dan 4 orang honorer.

“Sekarang tempat istirahat guru berpencar, ada yang berada di masing-masing kelas, ada juga yang berada di meja tamu, karena ruangan guru sendiri digunakan untuk proses belajar, yang penting anak-anak bisa belajar nyaman,” ungkapnya. (sam)

Rekomendasi Berita