oleh

SD Xaverius Peringati Hardiknas

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – Pelaksanaan upacara bendera pada Rabu (2/5) di SD Xaverius sangat berbeda dari biasanya. Pasalnya semua petugas upacara mulai dari komandan upacara, pengibar bendera, pembawa teks Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, petugas doa dan semuanya dilakukan oleh guru.

Ini semua dilakukan karena pada hari tersebut adalah momen spesial Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang setiap tahunnya diperingati.

Upacara memperingati Hardiknas berlangsung khitmad, semua murid maupun guru secara tertib dan hikmat mengikuti setiap jalannya upacara. Dan pada momen tersebut itu juga Pembina Upacara menyampaikan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Peringatan Hardiknas 2 Mei 2018 yang bertemakan “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Saat pidato, pembina upacara mengajak pada momen Hardiknas seluruh peserta untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan.

Saat diwawancarai koran ini, Kepala SD Xaverius, Yohanes Sarjo mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya, sengaja menjadikan guru sebagai petugas upacara.

“Ini dilakukan dengan tujuan agar guru jangan hanya bisa menyuruh anak untuk bertugas saja. Tetapi guru juga harus bisa memberi contoh yang baik untuk anak didik seperti semboyan pedidikan ‘ingarso sung tulodo’ yang dicetuskan bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara,” jelasnya.

Jadi, tambahnya, dengan guru sebagai petugas kali ini, anak akan tahu “oh begitu cara menjadi petugas yang baik”. Dan guru sebagai figur memang ada, dan bisa dibuktikan dengan tindakan-tindakan yang dilakukan di dalam kehidupan sehari-hari.

Sarjo juga menjelaskan, setiap kegiatan yang dilaksanakan di sekolah atau di luar kegiatan belajar dalam kelas dijadikan sebagai sarana untuk mendidik anak di sekolah, salah satunya kegiatan upacara sebagai sarana belajar anak untuk berdisiplin, bertanggung jawab dan lainnya.

“Maka dengan peringatan Hardiknas ini, kita sebagai guru tetap harus meneladani Ki Hajar Dewantara yang telah menyerahkan hidupnya secara total untuk kemajuan pendidikan dan anak bangsa Indonesia, serta kegigihannya untuk memajukan pendidikan. Dan untuk anak-anak diharapkan momen Hardiknas ini dapat menambah pengetahuan mereka mengenai Hardiknas dan bisa menjadi motivasi bagi mereka dalam meningkatkan belajar dan meningkatkan karakter yang baik,” harapnya. (AE02)

Rekomendasi Berita