oleh

Sawah Kering, Ajak Petani Tanam Jagung

LINGGAU POS ONLINE- Tidak mau tergantung dengan pasokan air yang tidak menentu, area persawahan di kawasan Agro Techno Park di Desa Tegalrejo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas (Mura) ditanami bibit jagung.

Bupati Mura, H Hendra Gunawan mengatakan sebenarnya lokasi di pinggir irigasi, karena di sana jebol makanya dilakukan inovasi.

“Kita tidak mengeluh dan menyalahkan. Makanya kita manfaatkan untuk menanam jagung,” kata Bupati Mura, H Hendra Gunawan, Jumat (6/12).

Sementara itu Kasi Penerapan Teknologi dan Produksi Tangan Pangan Dinas pertanian dan Peternakan Kabupaten Mura, Setiadi mengatakan lahan di lokasi Agro Techno Park yang akan ditanam jagung kurang lebih 5 Hektare (Ha) sampai 6 Ha. Sedangkan total luas lahan yang akan ditanam jagung di seluruh wilayah Kabupaten Mura sekitar 5.000 Ha.

Pihaknya menyiapkan benih atau bibit jagung jenis hibrida 15 kg per Ha. Keunggulan jagung hibrida, karena potensi hasilnya bisa mencapai 9 ton pipilan kering untuk satu Ha, dengan waktu tanam hingga panen hanya sekitar 100 hari.

“Tanaman jagung ini lebih mudah dirawat, bila dibandingkan tanaman lain, misalnya dengan tanaman kedelai,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jagung yang ditanam tersebut merupakan jenis jagung untuk konsumsi hewan ternak.

“Jenis jagung yang di tanam untuk konsumsi ternak,” jelasnya.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita